Sejarah dan perkembangan Ma’ahad Attarbiyah Al-Islamiyah di Perlis Malaysia pada tahun 1987-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Nasirah Binti Abdul (2020) Sejarah dan perkembangan Ma’ahad Attarbiyah Al-Islamiyah di Perlis Malaysia pada tahun 1987-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nasirah Binti Abdul Rahman_A42216163.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Sejarah Ma’ahad Attarbiyah Al-Islamiyah bermula dari tahun 1897-2019 yang telah beroperasi di Perlis Malaysia. Ianya merupakan provinsi yang paling kecil dan memiliki penduduk yang tidak padat. Perlis juga bersampingan dengan negara Satun Thailand. Di dalam skripsi ini akan membahas tiga masalah. Pertama, bagaimanakah sejarah berdirinya Ma’ahad Attarbiyah Al-Islamiyah, kedua apakah perkembangan yang di alami Ma’ahad Attarbiyah Al-Islamiyah dari tahun 1987-2019, ketiga apakah sumbangan yang telah diberikan kembali oleh alumni mahupun siswanya sendiri.Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan historis yang bertujuaan untuk mendiskripsikan peristiwa yang sudah terjadi pada masa berikutnya. Ianya juga bertujuaan untuk menemukan sumber produk masa lalu yang sudah direkam di dalam dokumen maupon artefak. Dengan pendekatan ini penulis berusaha untuk menjelaskan latar belakang Ma’ahad Attarbiyah Al-Islamiyah. Kemudian penulis menggunakan kerangka teoritik perubahan sosial yang telah di kembangkan oleh sosiolog Maclver. Perubahan sosial adalah semua jenis perubahan pada suatu lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk didalamnya nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok dalam masyarakat.Sebagai hasil penelitian ini adalah, Ma’ahad Attarbiyah Al-Islamiyah umumnya dikenal sebagai MATRI, adalah satu-satunya sekolah agama swasta di Perlis. Didirikan pada tahun 1987 oleh almarhum Dato’Kaya Bakti Ustaz Dahlan Mohd Zian dan disitulah bermulanya perkembangan MATRI. Pada mula nya MATRI cuma mempunyai 17 siswa dan 2 guru dan sekarang memiliki pertambahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Nasirah Binti Abdulnasirahabdr@gmail.comA42216163
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasid--2005196
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: Sejarah dan perkembangan Ma’ahad Attarbiyah Al-islamiyah; Perlis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nasirah Binti Abdul Rahman
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:55
Last Modified: 11 Jul 2022 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53826

Actions (login required)

View Item View Item