Buya Hamka dan sistem pernikahan serta kewarisan di Minangkabau

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Albarsani, Muhammad Fikri (2022) Buya Hamka dan sistem pernikahan serta kewarisan di Minangkabau. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fikri Albarsani_A92218110.pdf

Download (1MB)

Abstract

PPenelitian ini fokus masalah dalam penelitian ini, (1) Bagaimana biografi Buya Hamka? (2) Bagaimana adat Pernikahan dan Kewarisan di Minangkabau? (3) Bagaimana Pemikiran Buya Hamka dalam Pernikahan dan Kewarisan?.Penelitian ini merupakan studi literatur yang bersifat kualitatif. Adapun objek dari penelitian ini adalah biografi Buya Hamka dan sistem pernikahan serta kewarisan di Minangkabau. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antropologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kebudayaan menurut Robert H. Lowie. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pengumpulan data (Heuristik), melalui kritik sumber (Verifikasi) dan analisis data (Interpretasi), dan tahap terakhir penulisan (Historiografi). Dari hasil penelitian mengenai buya Hamka dan Sistem Pernikahan serta Kewarisan di Minangkabau, dapat disimpulkan bahwa, (1) Abdul Malik Karim Amrullah lahir 16 Februari 1908 di Maninjau, ayahnya seorang ulama di Minangkabau. Pendidikannya ia mulai dari padang panjang hingga ke Mekkah, salah satu karyanya yang paling fenomenal adalah Tafsir al-Azhar, (2) Minangkabau menggunakan sistem kekerabatan Matrilineal (garis ibu), adat pernikahan yang datang melamar dari keluarga perempuan, dalam pembagian warisan terdapat dua macam yaitu, harta Tinggi dan harta rendah. (3) Buya Hamka mengkritik sistem pernikahan dan sistem kewarisan di Minangkabau, karena menurut Buya Hamka pernikahan dan kewarisan sebaiknya dijalankan sesuai hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Albarsani, Muhammad Fikrialbarsanif@gmail.comA92218110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com196808062000031003
Thesis advisorSusanto, Dwidwi,uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Nikah > Nikah, Walimah
Adat
Keywords: Buya Hamka; pernikahan; kewarisan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Fikri Albarsani
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:55
Last Modified: 11 Jul 2022 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53830

Actions (login required)

View Item View Item