Kiai Syamsuddin dan Pondok Pesantren Durisawo 1925-1967: berjuang menegakkan agama dalam kesederhanaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ichsan, Muhyi Saiful (2022) Kiai Syamsuddin dan Pondok Pesantren Durisawo 1925-1967: berjuang menegakkan agama dalam kesederhanaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhyi Saiful Ichsan_A92218116.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian pembahasan tentang perjuangan Kiai Syamsuddin menegakkan agama dalam kesederhanaan, dimana uraian masalah dalam penelitian ini mencakup: Pertama, bagaimana gambaran umum masyarakat Ponorogo tahun 1925-1967? Kedua, bagaimana perintisan pondok pesantren Durisawo oleh Kiai Syamsuddin? Ketiga, bagaimana perjuangan Kiai Syamsuddin menegakkan agama dalam kesederhanaan? Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Kiai Syamsuddin menegakkan agama Islam ditengah masyarakat dan kondisi sosial-politik yang didominasi pemerintah kolonial. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan sosioliogis untuk menelistik peranan tokoh Kiai Syamsuddin dengan kedudukannya sebagai tokoh ulama dan juga sebagai pengasuh pondok pesantren hingga memberikan kontribusi yang besar dalam menegakkan ajaran agama Islam. Dengan begitu, kesimpulan dari penelitian ini adalah: Pertama, gambaran umum masyarakat Ponorogo kurun waktu 1925-1967 mengalami dinamisasi siklus naik turun yang signifikan. Problem utama yang ada di Ponorogo adalah keterbelakangan masyarakat akan ilmu pengetahuan agama dan wawasan kebangsaan yang sangat minim. Kedua, Perintisan pondok pesantren Durisawo berdasarkan pemikiran Kiai Syamsuddin yang mana pada saat itu masyarakat lokal Ponorogo, Durisawo khususnya sangat membutuhkan sebuah lembaga pendidikan yang dapat mencetak watak insani atau pribadi yang kokoh imannya serta bertaqwa kepada Allah SWT. Ketiga, Kiai Syamsuddin berjuang menegakkan agama Islam dalam kesederhanaan dengan perjuangannya mengintegrasikan peran pondok pesantren Durisawo dengan pihak-pihak luar Kiai Syamsuddin memiliki kapasitas sebagai Ulama sekaligus seorang entrepreneur dengan kompetensi yang tinggi. Tanpa meninggalkan kepribadian beliau yang rendah hati dan sederhana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ichsan, Muhyi Saifulmuhyisfl@gmail.comA92218116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorwasid, wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com196808062000031003
Subjects: Islam dan Humanisme
Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Kiai Syamsuddin; Pesantren; Sederhana; Durisawo
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: muhyi saiful
Date Deposited: 10 Jul 2022 20:25
Last Modified: 10 Jul 2022 20:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53841

Actions (login required)

View Item View Item