Konstruksi nasionalisme dalam novel Kidung Rindu di Tapal Batas karya Aguk Irawan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuryah, Sinta (2022) Konstruksi nasionalisme dalam novel Kidung Rindu di Tapal Batas karya Aguk Irawan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sinta Nuryah_B75218082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konstruksi nasionalisme dalam novel Kidung Rindu di Tapal Batas karya Aguk Irawan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan konstruksi narasi nasionalisme dalam novel Kidung Rindu di Tapal Batas karya Aguk Irawan, serta untuk menjelaskan Aguk Irawan membingkai nasionalisme dalam novel Kidung Rindu di Tapal Batas.Penelitian menggunakan jenis penelitian analisis teks media dengan menggunakan teknik analisis framing model William A Gamson dan Modigliani. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori konstruksi sosial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) narasi nasonalisme dalam novel Kidung Rindu di Tapal Batas karya Aguk Irawan dikonstruksi positif melalui pendekatan budaya, sehingga nasionalisme dilihat sebagai tindakan kebaikan dalam kehidupan keseharian dan menjadi sesuatu yang membanggakan. Bagi masyarakat Jagoi Babang nasionalisme bukan sekedar lambang Negara namun telah menjadi jiwa mereka. (2) novel Kidung Rindu di Tapal Batas menampilkan nasionalisme sesuai dengan bingkai ideologi penulisnya yaitu Aguk Irawan yang merupakan seorang muslim (tokoh Nahdlotul Ulama) dan budayawan. Maka dari itu nasionalisme lebih dilihat sebagai ekspresi rasa cinta, bangga, berani berkorban untuk tanah air Indonesia yang tergambar melalui budaya masyarakat Jagoi Babang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuryah, Sintanuryahsinta32@gmail.comB75218082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArief, Mochammad Choirul-197110171998031001
Subjects: Ilmu Komunikasi
Indonesia
Narkotika
Keywords: Nasionalisme; framing; novel
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sinta Nuryah
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:18
Last Modified: 12 Jul 2022 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53866

Actions (login required)

View Item View Item