Strategi pembiayaan produktif Baznas Ngawi untuk mencapai ketahanan ekonomi keluarga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sundari, Sundari (2022) Strategi pembiayaan produktif Baznas Ngawi untuk mencapai ketahanan ekonomi keluarga. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sundari_02040320054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Strategi Pembiayaan Produktif BAZNAS Ngawi Untuk Mencapai Ketahanan Ekonomi Keluarga” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab rumusan masalah; pertama, Bagaimana Strategi Baznas Ngawi Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Keluarga; kedua, Bagaimana Ketahanan Ekonomi Keluarga Masyarakat Program Zakat Produktif Baznas Ngawi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menguji validasi data menggunakan trianggulasi sumber, yaitu mengkomparasikan hasil dari wawancara dan observasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap, yaitu penyederhanaan data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Strategi BAZNAS Ngawi dalam membangun ketahanan ekonomi ialah dengan memprioritaskan strategi SO (Strengthas-Opportunities) dengan cara meningkatkan skill para mustahiq, memberikan pelatihan, dan pendampingan kepada ibu-ibu umah tangga, dan saling berkolaborasi dengan OPZ untuk membentuk usaha sosial kepada para mustahiq. Berdasarkan hasil analisis SWOT BAZNAS Ngawi berada pada kuadran Growth. Kedua, Ketahanan ekonomi keluarga masyarakat program zakat produktif BAZNAS Ngawi dari sisi pendapatan perkapita keluarga dan kecukupan pendapatan keluarga mengalami kenaikan setelah adanya pembiayaan produktif dari BAZNAS. Dari aspek kepemilikan tempat tinggal, dan jaminan keuangan keluarga, ketahanan ekonomi keluarga masyarakat program zakat produktif BAZNAS Ngawi mengalami perbedaan, dari aspek pembiayaan pendidikan anak terlihat sama. Dari hasil penelitian di atas, peneliti memberikan saran kepada pihak pihak BAZNAS Ngawi: Pertama, Fokus melakukan peningkatan pemberdayaan pengusaha kecil dan dhuafa; Kedua, Memanfaatkan OPZ untuk melakukan promosi BAZNAS disetiap daerah. Bagi Mitra BAZNAS Ngawi: diharapkan para mitra BAZNAS memanfaatkan modal usaha yang diberikan BAZNAS untuk kebutuhan produktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sundari, Sundariririikan@gmail.com02040320054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Zakat
Keywords: Pembiayaan; Baznas; ketahanan ekonomi keluarga
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sundari Sundari
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:40
Last Modified: 12 Jul 2022 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53868

Actions (login required)

View Item View Item