Pesan dakwah Wirda Mansur dalam video youtube Dosa Seluas Bumi Diampunin: analisis sosiolinguistik tindak tutur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfatia, Noviana (2022) Pesan dakwah Wirda Mansur dalam video youtube Dosa Seluas Bumi Diampunin: analisis sosiolinguistik tindak tutur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noviana Alfatia_B91218127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan “Apa Pesan Dakwah Wirda Mansur Dalam Video YouTube “Dosa Seluas Bumi Diampunin” (Analisis Sosiolinguistik Tindak Tutur)?”. Data yang diteliti adalah tuturan Wirda Mansur dalam video YouTube “Dosa Seluas Bumi Diampunin”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apa pesan dakwah dalam video tersebut dengan menggunakan analisis sosiolinguistik tindak tutur Austin dan Searle. Analisis dilakukan dengan mengemukakan tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pesan dakwah menggunakan analisis tindak tutur dalam video yang disampaikan Wirda Mansur menjelaskan bahwa lokusi dari penelitian ini penjelasan bahwa terdapat amalan shalat sunnah awwabin yang jika dikerjakan dapat menghapus dosa selama 12 tahun. Ilokusinya adalah apabila menginginkan segala dosa kita diampuni oleh Allah maka hendaknya untuk rajin beribadah kepada Allah. Perlokusi atau efek yang dirasakan mad’u setelah mendengarkan tuturan tersebut timbul rasa tenang, lebih mendekatkan diri kepada Allah, rajin beribadah, dan keingingan untuk melaksanakan ibadah shalat awwabin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfatia, Novianaviaalfatia@gmail.comB91218127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Dakwah > Dakwah - Materi
Ibadah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; video youtube; shalat awwabin; sosiolinguistik, tindak tutur
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Noviana Alfatia
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:55
Last Modified: 13 Jul 2022 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53888

Actions (login required)

View Item View Item