Perempuan dalam perang: Raden Ayu Yudokusumo dalam pembantaian di Bengawan Solo Tahun 1825

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Alhaditsatur (2022) Perempuan dalam perang: Raden Ayu Yudokusumo dalam pembantaian di Bengawan Solo Tahun 1825. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alhaditsatur Rofiqoh_ A02217007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang bersifat kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan empat tahapan di dalamnya, mencakup heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Jenis pendekatan yang diambil dalam penelitian ini ialah pendakatan sosiologi. Pendekatan sosiologi untuk menggambarkan peristiwa pembantaian di Bengawan Solo tahun 1825 dan berbagai macam gerakan sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori peran, konflik, dan gender. Tiga teori ini untuk mengetahui peristiwa pembantaian di Bengawan Solo tahun 1825 serta peran Raden Ayu Yudokusumo sebagai perempuan yang ikut serta di dalamnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa; (1) Raden Ayu Yudokusumo, merupakan putri dari Sultan Hamengkubuwono I, yang menikah dengan Raden Tumenggung Wirosari dan memiliki jabatan di daerah Muneng. (2) Latar belakang terjadinya pembantaian di Bengawan Solo, terjadi setelah pecahnya harmonisasi etnis Tionghoa dan masyarakat pribumi karena konflik gerbang tol, candu, dan sistem pajak tunggal. (3) Raden Ayu Yudokusumo sebagai istri dari pejabat daerah turun tangan sebagai pembentuk pasukan dan menyusun strategi pembantaian, ia menjadi panglima perang dalam pembantaian di Bengawan Solo Tahun 1825.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, AlhaditsaturalhaditsaturrA02217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Thesis advisorRidwan, Ridwan--2017075901
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Wanita dalam Islam
Keywords: bengawan solo; Raden Ayu Yudokusumo; Tionghoa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Alhaditsatur Rofiqoh
Date Deposited: 14 Jul 2022 05:38
Last Modified: 14 Jul 2022 05:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53889

Actions (login required)

View Item View Item