Peningkatan hasil belajar matematika melalui media papan pintar pada materi satuan waktu siswa kelas III A MI Hidayatus Salam Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Adinda Zulihah (2022) Peningkatan hasil belajar matematika melalui media papan pintar pada materi satuan waktu siswa kelas III A MI Hidayatus Salam Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Zulihah Salsabila_D97218062.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas III A MI Hidayatus Salam Gresik pada mata pelajaran matematika materi satuan waktu. Hal ini disebabkan karena selama pembelajaran berlangsung siswa tidak fokus dan bergurau sendiri dengan teman sebangkunya. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan media buku paket saja, sehingga pembelajaran matematika terkesan kurang menarik dan membosankan bagi siswa. Maka dari itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A. Penerapan media papan pintar diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan media papan pintar dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi satuan waktu mata pelajaran matematika kelas III A MI Hidayatus Salam Gresik. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III A MI Hidayatus Salam Gresik pada materi satuan waktu mata pelajaran matematika dengan menggunakan media papan pintar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri atas dua siklus dengan empat tahap pada setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A MI Hidayatus Salam Gresik yang terdiri dari 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media papan pintar terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 78,47 meningkat pada siklus II menjadi 91,66. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76,61 meningkat pada siklus II menjadi 89,51. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi satuan waktu mengalami peningkatan setelah diterapkannya media papan pintar. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan pada pra siklus sebanyak 43,47%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 60,86%, serta pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 86,95%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Adinda Zulihahadindazulihah@gmail.comD97218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Peningkatan hasil belajar; satuan waktu; media papan pintar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adinda Zulihah Salsabila
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:35
Last Modified: 14 Jul 2022 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53900

Actions (login required)

View Item View Item