Tinjauan kriminologi dan hukum pidana islam terhadap kejahatan Cybercrime bermodus Phishing di Sidoarjo: studi kasus di wilayah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Gery akbar (2022) Tinjauan kriminologi dan hukum pidana islam terhadap kejahatan Cybercrime bermodus Phishing di Sidoarjo: studi kasus di wilayah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gery Akbar Saputra_C73218041.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini berjudul “Tinjauan Kriminlogi dan Hukum Pidana Islam terhadap kejahatan Cybercrime bermodus Phishing di wilayah Sidoarjo”, penelitian lapangan ini bertujuan untuk menjawab bagaimana bentuk kejahatan phishing pada di Sidoarjo dan tinjaunnya berdasarkan Kriminologi dan Hukum pidana islam. Penyusunan skripsi ini menggunakan metode penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data premier yang diambil dari wawancara aparat penegak hukum instansi kepolisian, korban kejahatan penipuan online bermodus phishing di Sidoarjo, dan laporan spkt yang masuk terkait serangan phishing yang merupakan hasil pengamatan terkait jumlah kejahatan yang terjadi di sidoarjo berdasarkan data kepolisian Sidoarjo. kemudian data sekunder yang diambil dari referensi penelitian terdahulu berupa skripsi,buku-buku,artikel jurnal yang memiliki korelasi dengan topik dan pembahasan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan upaya mencari sumber pengetahuan, fakta dan data, yang selanjutnya dianalisis dengan pola deskriptif analitis dengan merubah pemahaman yang umum ke yang khusus, sehingga dapat diambil kesimpulan.yang ditinjau dari segi kriminologi dan hukum pidana islam dari kejahatan phishing yang terjadi tentu adanya upaya pelaku dan bentuk perbuatan dan aturan yang melarang dapat di kategorikan sebagai rukun jarimah, kemudian kejahatan phishing yang tergolong dari jarimah ta’zir. Dengan demikian penulis memberikan saran kepada aparat penegak hukum untuk memberikan sosialisasi terkait jenis-jenis kejahatan penipuan online salah satunya phishing, agar masyarakat mendapatkan edukasi dan pengetahuan untuk tidak rentan menjadi korban kejahatan selanjutnya, dan kepada masyarakat masyarakat pengguna media komunikasi dan informasi untuk lebih berhati-hati dan selalu pahami segala informasi yang diterima serta melakukan cek sebelum bertindak, karena kesalahan dan keteledoran dalam memahami informasi yang berhubungan dengan data pribadi dan harta benda tentu memberikan dampak merugikan, dan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan tanggap akan informasi mengenai segala bentuk hal yang mencurigakan agar tidak menjadi korban kejahatan lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Gery akbarC73218041@uinsby.ac.idC73218041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsuri, Syamsurisyamhass@gmail.com2029107201
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Phising; cybercrime; Ta'zir
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Gery Akbar Saputra saputra
Date Deposited: 13 Jul 2022 11:54
Last Modified: 13 Jul 2022 11:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53904

Actions (login required)

View Item View Item