Penangkapan pelaku pertunjukan topeng monyet oleh BBKSDA Jawa Timur dalam pandangan fiqh bī’ah dan undang-undang no. 5 tahun 1990

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyoningati, Fatma Hari (2022) Penangkapan pelaku pertunjukan topeng monyet oleh BBKSDA Jawa Timur dalam pandangan fiqh bī’ah dan undang-undang no. 5 tahun 1990. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatma Hari Setyoningati_C73218035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum secara empiris dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder yang mana peneliti menggunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan untuk memperolehnya. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu teknik analisis kualitatif. Dari hasil penelitian lapangan ditemukan data penangkapan topeng monyet oleh BBKSDA Jawa Timur yang kemudian dianalisis berdasarkan hukum pidana islam dan hukum pidana positif dan menghasilkan fakta berupa; Pertama, adanya kendala dalam penerapan Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor 522/368/022.3/2019 yang diterbitkan pada 8 Januari 2019 tentang Pelarangan Pertunjukan Topeng Monyet di Jawa Timur dikarenakan beberapa faktor internal dan eksternal. Kedua, kurangnya kerjasama yang baik antara warga masyarakat dan juga pihak berwenang. Peneliti memberikan rekomendasi berupa perbaikan hutan sebagai suaka alami monyet karena merupakan hewan liar. Kepada aparat penegak hukum dan yang diberikan wewenang dalam hal pelarangan pertunjukan topeng monyet agar lebih bersinergi satu sama lain. Selanjutnya perlu adanya kerjasama antara lembaga berwenang dengan masyarakat untuk menerapkan peraturan larangan pertunjukan topeng monyet agar efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyoningati, Fatma Haric73218035@uinsby.ac.idC73218035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsfironi, Mohammadmoh.isfironi@gmail.com2011087001
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Kebudayaan Jawa
Lingkungan Hidup
Keywords: Topeng monyet; monyet
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fatma Hari Setyoningati
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:06
Last Modified: 14 Jul 2022 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53909

Actions (login required)

View Item View Item