Sejarah berubahnya upacara Sraddha dalam Agama Hindu Menjadi Nyadran dalam Tradisi Islam di Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wargiati, Laila (2022) Sejarah berubahnya upacara Sraddha dalam Agama Hindu Menjadi Nyadran dalam Tradisi Islam di Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Wargiati_A92218106.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Berubahnya Upacara Sraddha dalam Agama Hindu Menjadi Nyadran dalam Tradisi Islam di Sedati Sidoarjo”. Menurut latar belakang masyarakat daerah Sedati terfokus pada beberapa masalah, yaitu (1) Bagaimana sejarah upacara Sraddha dalam agama Hindu?, (2) Bagaimana asal mula munculnya tradisi Nyadran dalam masyarakat Muslim di Sedati?, (3) Bagaimana pelaksanaan tradisi Nyadran di Sedati?. Dengan adanya permasalahan di atas penulis menggunakan pendekatan sejarah, antropologi dan sosiologi. Pendekatan sejarah bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan perubahan upacara Sraddha menjadi Tradisi Nyadran, sedangkan pendekatan antropologi dan sosiologi menekankan pada aspek perubahan kultural serta aspek perubahan sosial yang terjadi di masyarakat daerah Sedati. Adapun penulis menggunakan teori continuity and change oleh John Obert Voll. Metode yang digunakan yakni metode sejarah melalui tahapan Heuristik, Verifikasi, Interpretasi, dan Historiografi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yakni: (1) Sejarah upacara Sraddha berasal dari ajaran Pitra Yadnya yang dilakukan umat Hindu sebagai penghormatan kepada para leluhur yang dalam pelaksanaannya disisipi unsur ajaran Hindu. (2) Munculnya tradisi Nyadran di Sedati ditandai dengan kedatangan Wali Songo ke tanah Jawa yang mengubah unsur-unsur ajaran Hindu dalam upacara Sraddha di masa Majapahit berganti menjadi unsur-unsur ajaran Islam dalam tradisi Nyadran dewasa ini. (3) Rangkaian pelaksanaan tradisi Nyadran yang di dalamnya disisipi unsur ajaran Islam diawali dari bersih makam, istighosah, kegiatan inti Nyadran meliputi arak-arakan, melarung sesaji di laut, dan kenduri, ditutup dengan kesenian wayang dan hiburan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wargiati, Lailalailawargiati@gmail.comA92218106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Thesis advisorHajar, Imam Ibnu--196808062000031003
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Tradisi Islam
Keywords: upacara sraddha; tradisi nyadran; Sedati
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Laila Wargiati
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:03
Last Modified: 14 Jul 2022 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53922

Actions (login required)

View Item View Item