Analisis hukum islam dan undang-undang perlindungan konsumen terhadap jual beli Bucket Uang pada akun Instagram @Rum.Gift

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Octavia, Cardina Nur Fadila (2022) Analisis hukum islam dan undang-undang perlindungan konsumen terhadap jual beli Bucket Uang pada akun Instagram @Rum.Gift. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cardina Nur Fadila Octavia_C92217127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisis Hukum Islam dan Undang-undang Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Bucket Uang Pada Akun Instagram @Rum.gift merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah (1) Bagaimana Sistem jual beli bucket uang pada akun Instagram @Rum.gift? (2) Bagaimana pandangan hukum Islam dan Undang-undang Perlindungan Konsumen terhadap jual beli bucket uang yang terjadi pada akun Instagram @Rum.gift? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif, dimana berangkat dari teori dalam hukum Islam dan Undang-undang perlindungan konsumen kemudian menganalisis data-data pratik jual beli bucket uang sehingga diambil kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini sebagai berikut: (1) Proses pemesanan bucket uang tersebut memiliki dua cara yaitu dengan cara memesan lewat media social (Instagram) dan mendatangi langsung ke toko. Pembayaran dapat langsung atau dengan transfer dan asal uang dari pembuatan bucket uang adalah uang asli yang berasal dari pemilik toko sendiri dan/atau bisa uang dari konsumen. Penyerahan barang dapat langsung atau dengan cara COD. (2) Jual beli bucket uang di Rum.gift ini diperbolehkan menurut pandangan hukum Islam ketika sebab dari selisih harga uang tersebut dititikberatkan pada aktivitas penjual sehingga kelebihan uang yang dibayarkan seperti keuntungan bagi pihak Rum.gift sebagaimana pada ijarah yaitu mentransaksi manfaat oleh sumber daya manusia yang disini imbalan sesuatu kegiatan, atau upah karena melakukan sesuatu aktivitas yaitu pembuatan bucket uang. Sementara kalau dalam UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, dilihat dari hak dan kewajiban pelaku usaha dan konsumen, transaksi jual beli bucket uang di Rum.gift ini boleh dilakukan dikarenakan sebelum terjadinya kesepakatan, Rum.gift sebagai penjual telah menerangkan adanya selisih harga dari nomimal yang diterima. Konsumen memiliki hak untuk menentukan sendiri pilihannya. Dengan hasil penelitian ini penulis memberi saran pada penjual untuk tetap adanya transparansi terkait informasi harga supaya tercapainya kerelaan dan untuk pembeli agar lebih berfikir kritis dan berhati-hati supaya tidak terjebak dalam jual beli yang dapat merugikan diri sebagai konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Octavia, Cardina Nur Fadilacardinaoctavia@gmail.comC92217127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisoral - Hamidy, Abu Dzarrindzar_alif@yahoo.co.id2004067302
Subjects: Hukum Islam
Keywords: As-sharf; bucket uang; ijarah; perlindungan konsumen
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Cardina Nur Fadila Octavia
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:32
Last Modified: 14 Jul 2022 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53925

Actions (login required)

View Item View Item