Penerapan Riyadhoh Santri Strata-1 (S1) Non-formal Pondok Pesantren Jagad 'Alimussirry dalam Meraih Pengalaman Spiritual

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviana, Dini Melinda (2022) Penerapan Riyadhoh Santri Strata-1 (S1) Non-formal Pondok Pesantren Jagad 'Alimussirry dalam Meraih Pengalaman Spiritual. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Melinda Oktaviana_E07218008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini membahas tentang “Penerapan Riyadhoh Santri Strata-1 (S1) Non-formal Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry dalam Meraih Pengalaman Spiritual”. Pada saat penulis melakukan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry Surabaya. Peneliti menemukan budaya riyadhoh yang unik dan santri S1 non-formal kerap mendapatkan pengalaman Spiritual setelah melakukannya. Riyadhoh yang ada di Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry Surabaya memiliki istilah khusus yang diberi sebutan “Kurikulum Tirakat”. Rumusan masalah yang diangkat ialah yang pertama bagaimana riyadhoh yang diterapkan oleh santri dan bagaimana pengalaman spiritual santri saat setelah melakukan riyadhoh. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini ialah kualitatif deskriptif dengan wawancara. Hasil dari penelitian ini bahwasanya Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry salah satu lembaga pendidikan yang mengajarkan untuk mendekatkan santrinya kepada Allah dengan riyadhoh yang diistilahkan oleh PPJA dengan kurikulum tirakat dan saat setelah melakukan urutan riyadhoh santri S1 non-formal kerap mendapatkan pengalaman spiritual. Berdasarkan hasil wawancara yang telah didapatkan. Kurikulum tirakat yang ada di Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry yaitu mengajarkan untuk melakukan puasa sunnah dan wirid. Kurikulum tirakat berpengaruh terhadap pengalaman spiritual santri S1 non-formal sehingga mereka menjadi dekat dengan Allah. Selain itu kurikulum tirakat juga memperbaiki perilaku santri menjadi lebih baik. Karena hamba Allah yang baik ialah perilakunya yang baik pula.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviana, Dini Melindaodinimelinda@gmail.comE07218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAriev, Hodrihodria@yahoo.com2017117001
Subjects: Pesantren
Tasawuf
Santri
Keywords: Riyadhoh; Kurikulum Tirakat; Pengalaman Spiritual; Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dini Melinda Oktaviana
Date Deposited: 14 Jul 2022 12:35
Last Modified: 14 Jul 2022 12:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53931

Actions (login required)

View Item View Item