Penggunaan disfemisme dalam berita daerah radar Lamongan edisi 2021: kajian semantik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kharirin, Nur (2022) Penggunaan disfemisme dalam berita daerah radar Lamongan edisi 2021: kajian semantik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Kharirin_A04218019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan disfemisme atau kata kasar dalam penulisan sebuah media berita yaitu Radar Lamongan. Dalam penelitian ini tidak hanya menjelaskan terkait penggunaannya saja tetapi juga fungsi dan dampak dari adanya penulisan menggunakan pemilihan kata-kata yang kasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan makna disfemisme dalam berita daerah Radar Lamongan edisi 2021. Tujuan kedua untuk mengetahui fungsi dari penggunaan disfemisme dalam berita daerah Radar Lamongan edisi 2021. Tujuan ketiga untuk mengetahui dampak dari penggunaan disfemisme yang terdapat dalam berita daerah Radar Lamongan edisi 2021. Penelitian ini menggunakan teori semantik dari Abdul Chaer. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif analisis. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan disfemisme dalam penulisan berita daerah Radar Lamongan terdiri dari bentuk kata, frasa, dan klausa. Penggunaan disfemisme tersebut memiliki beberapa fungsi di antaranya adalah untuk informasi, sindiran, provokasi, dan menarik pembaca. Dampak dari adanya penggunaan disfemisme dapat berdampak positif dan negatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kharirin, Nurnurkharirin08@gmail.comA04218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRumilah, Sitistrumilah@gmail.com2012077601
Thesis advisorSeptiyani, Rizki Endirizkiendisept@uinsby.ac.id2021098805
Subjects: Media Massa
Jurnalisme
Keywords: Sastra Indonesia; linguistik; semantik
Depositing User: Nur Kharirin
Date Deposited: 14 Jul 2022 05:15
Last Modified: 14 Jul 2022 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53932

Actions (login required)

View Item View Item