Pengaruh penerapan metode resitasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darmawan, Rahmat Agus (2022) Pengaruh penerapan metode resitasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmat Agus Darmawan_D71218097.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar siswa dapat dijadikan tolak ukur untuk menilai apakah pendidikan di suatu sekolah berhasil atau tidak. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor untuk menunjang peserta didik agar mendapat hasil belajar yang maksimal, salah satunya adalah metode mengajar yang diberikan oleh seorang pendidik pada saat proses berlangsungnya pembelajaran di dalam kelas seperti penggunaan metode resitasi. Hal ini dilakukan oleh seorang pendidik agar dapat menciptakan suasana lingkungan kelas yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa mampu mengasah kreativitasnya dalam berfikir yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar khususnya dalam bidang mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui tentang pengaruh penerapan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo. Adapun rumusan masalah yang didapat oleh peneliti pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan metode resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo ?, 2) Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI di SMAN 2 Sidoarjo ?, 3) Bagaimana pengaruh penerapan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo ?, sedangkan untuk populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo dengan sampel 75 siswa berdasarkan random sampling. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menginterprestasi pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat korelasi, jumlah populasi di penilitian ini yaitu siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo sebanyak 391 siswa, jumlah sampel penelitian ini sebanyak 75 siswa dengan model random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket), dokumentasi dan observasi, teknik analisis data menggunakan rumus chi kuadrat. Kuisioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang penggunaan metode resitasi, dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar pendidikan agama Islam, sejarah singkat berdirinya, visi dan misi, identitas, sarana dan prasarana dan data guru dan jumlah data siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa, 1) dalam penerapannya metode resitasi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di SMAN 2 Sidoarjo tergolong cukup, 2) untuk hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo tergolong dalam kategori tinggi, 3) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus chi kuadrat. Dengan memperoleh nilai X2 sebesar 21,1279 lebih besar dari Xtabel pada taraf signifikan 5% dengan nilai harga 16,919. Sehingga, dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan tingkat hubungan cukup. Selanjutnya, dari hasil perhitungan koefisien determinasinya untuk penerapan metode resitasi memiliki kontribusi atau pegaruh sebesar 54,04% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh penerapan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo tergolong cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darmawan, Rahmat Agusagusdarmawan9800@gmail.comD71218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirun-2025077001
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Pendidikan Agama Islam; metode resitasi; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Rahmat Darmawan
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:52
Last Modified: 15 Jul 2022 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53947

Actions (login required)

View Item View Item