Penggunaan media pembelajaran Papan Musi (Multifungsi) untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil Kelas IV-A MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Afifa Indah (2022) Penggunaan media pembelajaran Papan Musi (Multifungsi) untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil Kelas IV-A MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifa Indah Amalia_D97218063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti pada penggunaan media pembelajaran papan musi (multifungsi) untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kelipatan persekutuan terkecil kelas IV-A MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo. Media tidak bisa luput dari sistem pembelajaran secara menyeluruh. Pemanfaatan media seharusnya mendapat perhatian dari guru pada setiap kegiatan belajar mengajar. Namun kenyataannya pemanfaatan media masih sering terabaikan dengan berbagai alasan, antara lain: (1) Waktu yang terbatas dalam membuat perangkat pembelajaran, (2) Kesulitan dalam mencari media yang tepat dengan materi yang akan di ajarkan, (3) kurangnya anggaran dana untuk pembuatan media pembelajaran, dan lain-lain. Hal ini tidak akan terjadi jika setiap guru membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan untuk pembuatan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan media papan musi pada materi kelipatan persekutuan terkecil kelas IV A di MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi kelipatan persekutuan terkecil melalui media papan musi kelas IV A MI Hasyim Asy’ari. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo yang berjumlah 27. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media papan musi pada materi kelipatan persekutuan terkecil mampu meningkatkan aktivitas guru pada siklus I yaitu 71 (cukup) dan meningkat menjadi 87,5 (baik) pada siklus II. Hasil nilai aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 70 (kurang) dan meningkat menjadi 83 (baik) pada siklus II. (2) Hasil pemahaman peserta didik mengalami peningkatan setelah menerapkan media papan musi yang ditandai dengan peningkatan persentase ketuntasan tes tulis pada siklus I sebesar 67% (kurang) pada siklus II menjadi 81% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Afifa Indahafifahindah29@gmail.comD97218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Penggunaan Media Pembelajaran; Papan Musi; pemahaman; Kelipatan Persekutuan Terkecil
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afifa Amalia
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:44
Last Modified: 15 Jul 2022 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53951

Actions (login required)

View Item View Item