Antusiasme Anak Usia Dini (Aud) dalam menyikapi pembelajaran daring melalui Zoom Meeting di Ra Miftahul Huda Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Qurrota (2022) Antusiasme Anak Usia Dini (Aud) dalam menyikapi pembelajaran daring melalui Zoom Meeting di Ra Miftahul Huda Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrota A'yun_D99217082 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya mengetahui bagaimana antusiasme anak usia dini dalam menyikapi kegiatan pembelajaran daring di RA Miftahul Huda Kediri. Karena keadaan pandemi covid19 yang mengharuskan kegiatan belajar dilaksanakan dirumah masing-masing. Guru harus lebih semangat dalam memberikan materi pelajaran menggunakan Aplikasi Zoom Meeting. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengelolaan kegiatan pembelajaran daring melalui Aplikasi Zoom Meeting di RA Miftahul Huda Kediri. (2) Untukhmengetahui pelaksanaanhkegiatanhpembelajaranhdaring melalui Aplikasi Zoom Meeting di RA Miftahul Huda Kediri. (3) Untuk mengetahui antusiasme Anak Usia Dini dalam menyikapi kegiatan Pembelajaran daring melalui Aplikasi Zoom Meeting di RA Miftahul Huda Kediri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek dua guru pada kelompok A dengan melibatkan peserta didik kelompok A. sementara informan didapatkan dari guru di RA Miftahul Huda Kediri. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang kemudian data terkumpul selanjutnya yaitu menganalisis data yang diperoleh ketika observasi di lapangan melalui teknik pengumpulan data, penarikan kesimpulan. Kemudian di absahkan dengan triagulasi. Hasil penelitian menujukkan pengelolaan kegiatan pembelajaran di RA Miftahul Huda Kediri dilakukan secarahdaringhdenganhmenggunakanhAplikasihZoom Meeting sebagaihmediahpembelajaran. RA Miftahul Huda Kediri belum menyediakan fasilitas Wifi di sekolah. Sehingga guru di RA Miftahul Huda Kediri masih menggunakan kuota internet sendiri yang digunakan pada saat kegiatan pembelajaran daring Melalui Aplikasi Zoom Meeting. pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring di RA Miftahul Huda Kediri dilaksanakan dua minggu sekali yaitu minggu pertama dilaksanakan oleh kelompok A1 dan minggu kedua dilaksanakan oleh kelompok A2. Kegiatan diawali dengan guru memberikan salam kepada peserta didik, setelah itu guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum kegiatan belajar dimulai. Sebelum mengakhiri kegiatan belajar daring melalui Aplikasi Zoom Meeting, guru mengajak anak untuk berdoa. Setiap hari senin orangtua atau walimurid datang ke sekolah untuk mengambil tugas anak yang akan dikerjakan dirumah dan dikumpulkan minggu berikutnya. Antusiasme anak usia dini berbeda-beda dalam menyikapi kegiatan pembelajaran daring melalui Aplikasi Zoom Meeting di RA Miftahul Huda Kediri. Anak yang didampingi oleh orangtuanya lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar daring . ada beberapa alasan yang membuat anak tidak bisa mengikuti kegiatan belajar daring melalui Aplikasi Zoom Meeting di RA Miftahul Huda Kediri yaitu orangtua tidak memiliki handphone, anak tinggal bersama dengan kakek dan neneknya yang tidak bisa mengaplikasikan handphone, dan kedua orangtua yang sama-sama sibuk bekerja sehingga tidak bisa mendampingi anak dalam kegiatan belajar daring .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, Qurrotaqurrota572@gmail.comD99217082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisortamwifi, irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisormuallifah, ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Adab
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendekatan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Antusiasme Anak Usia Dini belajar daring: penggunaan Aplikasi Zoom Meeting pada Kelompok A
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: qurotta a'yun ayun
Date Deposited: 28 Oct 2023 15:05
Last Modified: 28 Oct 2023 15:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53953

Actions (login required)

View Item View Item