Ekosistem fintech pada aplikasi “layanan syariah linkaja” perspektif maqāṣid al-Najjar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zustika, Anisa Fadilah (2022) Ekosistem fintech pada aplikasi “layanan syariah linkaja” perspektif maqāṣid al-Najjar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Fadilah Zustika_02040320006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Teknologi digital berkembang pesat khususnya di Indonesia. Dalam kegiatan ekonomi semua transaksi pembayaran sudah menggunakan sistem digital aplikasi. Alat pembayaran ini biasanya disebut dengan e-wallet/dompet digital. Dalam rangka mendukung perwujudan masterplan ekonomi syariah yang diusung oleh Komite Nasional Ekonomi & Keuangan Syariah (KNEKS), dan menjadi salah satu cara dalam mewujudkan rencana pemerintah untuk menjadikan Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah terkemuka pada tahun 2024, LinkAja secara resmi meluncurkan layanan syariah pada tahun 2020. Layanan syariah LinkAja menjadi e-wallet pertama dan satu-satunya yang berbasis syariah di Indonesia. Tujuan penelitian 1) untuk mengetahui fintech pada aplikasi layanan syariah LinkAja, 2) untuk mengetahui model ekosistem fintech pada aplikasi layanan syariah LinkAja, 3) untuk mengetahui tinjauan maqāṣid al-Najjar terkait ekosistem fintech pada aplikasi layanan syariah LinkAja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode netnografi. Sumber data diambil melalui metode data site, wawancara, dan digital diary. Data primer didapatkan dari hasil wawancara dengan pihak LinkAja, pihak BSI, entrepreneur pengguna e-wallet , dan pengguna layanan syariah LinkAja. Data sekunder didapatkan dari acara soft launching layanan syariah LinkAja virtual serta beberapa data dari website resmi LinkAja. Analisis dilakukan dengan 6 tahap netografi yaitu inisiasi, investigasi, interaksi, imersi, integrasi dan inkarnasi.Hasil penelitian menyatakan layanan syariah LinkAja sebagai e-wallet pertama dan satu-satunya yang berbasis syariah di Indonesia dan telah mendapatkan sertifikat kesesuaian dengan prinsip syariah oleh DSN MUI. Dengan demikian maka layanan syariah LinkAja sudah sesuai dengan fatwa DSN MUI No 116/DSN-MUI/XI/2017 tentang uang elektronik syariah. Dalam transaksi layanan syariah LinkAja memaparkan secara jelas proses dan transaksi akad pada operasionalnya. Terdapat beberapa akad yaitu : akad transaksi layanan syariah (qard, wakalah bil ujroh, dan ijarah), akad promo layanan syariah LinkAja (hibah, ju’alah, dan ijarah). Layanan syariah LinkAja sebagai aplikasi menjadi core ekosistem dan memiliki 5 elemen ekosistem yang meliputi demand, talent, solution, capital, dan policy. Ekosistem layanan syariah LinkAja hanya memenuhi 7 nilai maqāṣid al-Najjar yaitu faith, humanity, self, mind, prosperity, social entity, wealth dan terdapat satu nilai yang belum terpenuhi yaitu nilai environment (menjaga lingkungan) alam yang menjadi tugas dari corporat social responsibilty (csr) karena csr perusahaan lebih dalam menjaga lingkungan sosial masyarakat. Saran untuk perusahaan layanan syaraiah LinkAja diharapakan dapat memenuhi nilai environment yang menjadi tugas CSR dengan cara mengurangi / melarang penggunaan kantung plastik saat bertransaksi bagi semua merchant maupun umkm yang bekerjasama dengan layanan syariah LinkAja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zustika, Anisa Fadilahanisafadilah4@gmail.com02040320006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: kosistem Fintech; Layanan Syariah Linkaja; Maqāṣid Al-Najjar
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anisa Fadilah Zustika
Date Deposited: 14 Jul 2022 15:04
Last Modified: 14 Jul 2022 15:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53969

Actions (login required)

View Item View Item