Analisis dampak lingkungan pada proses produksi batik di UKM "X" dengan menggunakan metode life cycle assessment (LCA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sasmito, Riyadi Kurniawan (2022) Analisis dampak lingkungan pada proses produksi batik di UKM "X" dengan menggunakan metode life cycle assessment (LCA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riyadi Kurniawan_H05218016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai filosofi. Proses pembuatan batik adalah mencairkan lilin dan menggambarnya di atas kain dan mencampurnya dengan bahan pewarna naptol. Dengan produktivitas yang terus-menerus tanpa adanya pengolahan limbah, hal ini dapat memberikan dampak berupa emisi yang dapat berdampak pada lingkungan. Dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis dampak lingkungan menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA) dengan inventarisasi material input dan output. Penelitian ini merupakan peneelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif sehingga dalam proses inventarisasi menggunakan software SimaPro 9.3.0.3 untuk membantu menghitung dampak yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan scope gate to gate dengan metode penilaian TRACI 2.1 sebagai analisis dampak yang digunakan. Analisis dampak menggunakan metode TRACI 2.1 meliputi penipisan ozon, pemanasan global, pengasaman, eutrofikasi, Kesehatan manusia (potensi kanker), ekotoksisitas dan pembentukan asap. Berdasarkan hasil analisis, dampak terbesar adalah global warming. Dampak global warming yang dihasilkan dengan kategori hasil karakterisasi adalah 6,21 x 10^4 kgCO2. Nilai ini dipengaruhi oleh peran penggunaan gas LPG (liquefied petroleum gas) sebagai bahan bakar yang digunakkan selama proses produksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sasmito, Riyadi Kurniawanriyadikurniawan5@gmail.comH05218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwaznaauvaria@gmail.com2028038601
Thesis advisorOktorina, Saritasaritaoktorina@gmail.com2005108701
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Produksi batik; Life Cycle Assessment; TRACI 2.1
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Riyadi Kurniawan Sasmito
Date Deposited: 16 Jul 2022 02:59
Last Modified: 16 Jul 2022 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53989

Actions (login required)

View Item View Item