Uji kualitas pada air minum isi ulang di Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro ditinjau dari perlakuan petugas dan pemeliharaan alat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Himma, Elsa Dzatul (2022) Uji kualitas pada air minum isi ulang di Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro ditinjau dari perlakuan petugas dan pemeliharaan alat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elsa Dzatul Himma_H75217056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring pertumbuhan penduduk, kebutuhan air minum pun makin meningkat. Perkembangan teknologi dan padatnya aktivitas masing-masing individu membuat masyarakat cenderung memilih cara yang lebih praktis dengan tarif yang relatif murah, yaitu dengan mengonsumsi air minum isi ulang. Namun, pada depot air minum isi ulang yang beroperasi di masyarakat tidak dapat menjamin jika air yang diproduksinya sesuai dengan syarat kualitas air minum berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492 Tahun 2010. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air minum isi ulang di Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro apakah memenuhi syarat berdasarkan parameter biologi berupa total koliform dan parameter fisik berupa Total Dissolved Solid (TDS). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, nUji kualitas air minum parameter biologi berupa total koliform menunjukkan bahwa 12 depot air minum isi ulang (100%) tidak memenuhi baku mutu yakni di atas 0 CFU/100ml dan pada hasil pengkuran parameter fisik berupa Total Dissolved Solid (TDS) menunjukkan bahwa 12 depot air minum isi ulang (100%) memenuhi baku mutu yakni di bawah 500 mg/l. Hasil kuesioner sesuai penilaian inspeksi sanitasi depot air minum pada peraturan menteri kesehatan No. 43 Tahun 2014 tentang higiene sanitasi depot air minum, diketahui seluruh perlakuan petugas dan pemeliharaan alat pada depot air minum isi ulang yang dilakukan oleh pelaku usaha di Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro tidak memenuhi syarat fisik dan kesehatan yaitu nilai kurang dari 70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Himma, Elsa Dzatulelsahimma98@gmail.comH75217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorOktorina, Saritasaritaoktorina@gmail.com2005108701
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: i: Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU); Total Koliform; Total Dissolved Solid (TDS); Perlakuan Petugas; Pemeliharaan Alat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Elsa Dzatul Himma
Date Deposited: 16 Jul 2022 02:32
Last Modified: 16 Jul 2022 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53990

Actions (login required)

View Item View Item