حروف الجر ومعانيها في كتاب "بلوغ المرام" للشيخ ابن حجر العسقلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Siti (2022) حروف الجر ومعانيها في كتاب "بلوغ المرام" للشيخ ابن حجر العسقلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Wulandari_A01218024 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini akan meneliti huruf jarr (huruf min, ilā, ‘an, ‘alā, fī, rubba, bā’, kāf, lām dan huruf qasam) dan maknanya dalam bab thahārah (bab miyāh sampai bab wudlū’) kitab Bulūgh al-Marām karya Syekh Ibnu Hajar al-Asqalaniy. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1. Huruf jarr apa saja yang ada dalam bab thahārah (bab miyāh sampai bab wudlū’) kitab Bulūgh al-Marām?; 2) Apa makna huruf-huruf tersebut?. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data yang didapat dalam penelitian ini diambil dari 43 teks hadis yang ada di bab thahārah (bab miyāh sampai bab wudlū’) kitab Bulūgh al-Marām, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam bab thahārah (bab miyāh sampai bab wudlū’) kitab Bulūgh al-Marām terdapat huruf jarr berupa 1) min berjumlah 21 dengan makna sababiyyah & ta’līl, dzorfiyyah, bayān, ta’kīd dan ibtidāul ghāyah, 2) ilā berjumlah 7 dengan makna ta’diyah dan intihāul ghāyah, 3) ‘an berjumlah dua dengan makna mujāwazah dan makna min¸4) ‘alā berjumlah 11 dengan makna isti’lā’, ma’a mushāhabah dan dzorfiyyah, 5) fī berjumlah 31 dengan makna dzorfiyyah dan ta’kīd, 6) bā’ berjumlah 25 dengan makna sababiyyah & ta’līl, ilshāq, isti’ānah, dzorfiyyah dan ta’kīd, 7) lām berjumlah 7 dengan makna milkiyyah dan ta’diyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Sitisiwul01@gmail.comA01218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdlon, Atiq Muhammadatiqramadhan@yahoo.com2021126701
Subjects: Bahasa Arab
Nabi dan Rasul
Pesantren
Keywords: Huruf Jarr; Makna Huruf; Kitab Bulūgh al-Marām; Ibnu Hajar al-Asqalaniy.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Siti Wulandari
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:57
Last Modified: 02 Aug 2023 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53997

Actions (login required)

View Item View Item