Analisis perbandingan status mutu kualitas air tanah menggunakan metode STORET dan metode CCME-WQI: studi kasus Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Mirza (2022) Analisis perbandingan status mutu kualitas air tanah menggunakan metode STORET dan metode CCME-WQI: studi kasus Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mirza Maulidiyah_H05218012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Air tanah merupakan kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan semua makhluk di bumi ini. Aktivitas manusia yang menimbulkan munculnya zat pencemar merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan kualitas air tanah. Keberadaan air tanah dangkal (sumur) di suatu masyarakat tidak menjamin kualitas airnya baik. Suhu, TDS, turbidity, pH, CaCO3, Fe, Mn, Zn dan total coliform uji parameter yang dilakukan dalam penelitian di Desa Sukorejo Sidayu Gresik. Metode yang digunakan untuk penentuan titik lokasi sampling yaitu purposive sampling. Pengambilan sampel air dilakukan berdasarkan SNI 6989.58:2008. Untuk penentuan status mutu air menggunakan Metode STORET dan CCME-WQI. Dimana, pada kedua metode tersebut akan dibandingkan menggunakan uji statistik yaitu Uji Mann Whitney. Metode deskriptif kuantitatif digunakan pada penelitian untuk mendeskripsikan kualitas air tanah berdasarkan hasil yang telah ada. Pada perhitungan metode STORET titik lokasi 1 termasuk dalam kategori “tercemar sedang” dengan nilai -30, lokasi titik sampling 2, 4 dan 5 memiliki nilai -35 yang termasuk dalam kategori “tercemar berat” serta lokasi titik sampling 3 termasuk dalam kategori “tercemar sedang” dengan nilai -20. Pada perhitungan metode CCME-WQI ini seluruh lokasi titik sampling termasuk ke dalam kategori “kurang”. Perbandingan kedua metode menggunakan uji Mann Whitney dimana pada uji tersebut dapat membandingan antara 2 kelompok variabel. Hasil pengujian tersebut menyatakan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0.05 yang artinya jika nilai ˂ 0.05 maka H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan antara metode STORET dan CCME-WQI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Mirzah05218012@uinsby.ac.idH05218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Thesis advisorSetyowati, Diah Nugrahenidiahnugraheni@uinsby.ac.id2001058202
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Air; kualitas; STORET; CCME-WQI
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Mirza Maulidiyah
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:29
Last Modified: 18 Jul 2022 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54002

Actions (login required)

View Item View Item