Optimaliasi tempat pengolahan sampah (TPS) 3R (reduce, reuse, recycle) Tampomas Kota Sukabumi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arianti, Defi (2022) Optimaliasi tempat pengolahan sampah (TPS) 3R (reduce, reuse, recycle) Tampomas Kota Sukabumi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Defi Arianti_H05217004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data DLH Kota Sukabumi menyebutkan bahwa timbulan sampah Kota Sukabumi di TPA sebanyak 171 ton/hari. Reduksi sampah di TPA Cikundul sangat diperlukan dikarenakan lahan tersisa hanya sebesar 1,2 ha. Reduksi dapat dilakukan dengan optimalisasi TPS. Salah satu TPS 3R aktif di Kota Sukabumi adalah TPS 3R Tampomas yang belum memaksimalkan pengolahan sampah organiknya. TPS ini dikelola oleh KSM, tetapi pada pelaksanaannya, tugas pokok dan fungsi dari KSM Tampomas tidak berjalan sebagaimana mestinya dengan tugas sekretaris dan bendahara dikerjakan oleh Ketua KSM Tampomas dan petugas pengelolaan hanya 1 orang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi optimalisasi pengolahan sampah di TPS 3R Tampomas dan optimalisasi aspek kelembagaan KSM Tampomas. Optimalisasi kedua aspek tersebut menggunakan intstrumen metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan menggunakan software Expert Choice V.11. Pada penelitian ini juga dilakukan pengambilan data timbulan, komposisi dan densitas sampah Kota Sukabumi dengan metode SNI 19-3964-1994. Hasilnya timbulan sampah Kota Sukabumi 0,68 kg/orang/hari. Densitas rata-rata sampah sebesar 140,3 kg/m3. Komposisi sampah 59,9% sampah organik dan 40,8% sampah anorganik. Strategi optimalisasi TPS 3R Tampomas secara teknis dilakukan dengan evaluasi kondisi eksisting dengan mengoptimalkan kegiatan pemilahan dan komposting dengan pengoptimalan lahan eksiting. Strategi optimalisasi TPS 3R Tampomas secara non teknis (kelembagaan) dengan melakukan penambahan SDM sebagai pengurus dan petugas pengolahan, pembinaan dari pejabat desa, pengawasan dari DLH serta penyusunan legalitas dan SOP TPS 3R Tampomas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arianti, Defideardefia@gmail.comH05217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id2003018701
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: TPS 3R; AHP; Pengelolaan Sampah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Defi Arianti
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:29
Last Modified: 18 Jul 2022 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54032

Actions (login required)

View Item View Item