Optimalisasi pengelolaan sampah di tempat pengolahan sampah 3R (TPS 3R) Desa Janti Kecamatan Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofi, Nur Cholis (2022) Optimalisasi pengelolaan sampah di tempat pengolahan sampah 3R (TPS 3R) Desa Janti Kecamatan Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Cholis Shofi_H95218059.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sampah merupakan hasil dari kegiatan manusia yang bisa dihasilkan secara tidak disengaja atau disengaja. Sampah yang tidak dikelola dengan baik hingga menumpuk dapat menyebabkan dampak merugikan bagi lingkungan. Tujuan penelitian kali ini yaitu untuk mengetahui jumlah timbulan, komposisi, recovery factory, mass balance sampah, optimalisasi pengelolaan sampah di TPS 3R Desa Janti. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengukuran timbulan yang mengacu kepada SNI 19-3964-1994. Pengukuran dilakukan menggunakan metode load count analysis. Hasil kuisioner dan wawancara diolah menggunakan metode rating scale. Hasil dari penelitian kali ini menunjukkan timbulan sampah yang dihasilkan TPS 3R Desa Janti sebesar 3.822 kg/hari. Material sampah yang dapat diolah kembali (recovery factory) di TPS 3R Desa Janti sebesar 2.085 kg/hari. Total sampah yang tidak diolah dan dikirim ke TPA sebesar 1.912 kg/hari dengan persentase 45,44% dari total sampah yang masuk di TPS 3R Desa Janti. Optimalisasi yang dapat dilakukan dari aspek teknis operasional yaitu diperlukan adanya jembatan timbang untuk mengukur volume sampah secara spesifik, petugas pengumpul sampah harus memenuhi standar penggunaan APD, membedakan sampah menjadi 5 jenis sampah, perlu adanya penambahan tenaga kerja pemilah, perlu adanya penambahan lahan bagi ruangan-ruangan di TPS 3R Desa Janti sesuai dengan Permen PU No.3 Tahun 2013. Optimaliasi yang dapat dilakukan dari aspek non teknis yaitu perlu adanya SOP yang jelas untuk mengatur pembagian kerja, penggunaan alat pengolahan di TPS 3R Desa Janti, sampah yang dapat diolah kembali seperti sampah organik dan sampah anorganik memiliki Nilai Ekonomi Sampah dengan potensi keuntungan total sebesar Rp 4.612.612/hari, perlu adanya edukasi dan penerapan pemilahan sampah di rumah-rumah warga untuk mengurangi beban kerja di TPS 3R Desa Janti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofi, Nur Cholischolisshofi19@gmail.comH95218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwaznaauvaria@gmail.com2028038601
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Subjects: Lingkungan Hidup
Masyarakat
Teknik Lingkungan
Keywords: TPS 3R; Sampah; pengelolaan Sampah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nur Cholis Shofi
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:35
Last Modified: 19 Jul 2022 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54038

Actions (login required)

View Item View Item