Perbandingan status mutu air dengan menggunakan metode indeks pencemaran, STORET, CCMEWQI, dan BCWQI di Kali Surabaya segmen Karang Pilang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminulloh, Mochamad Fajrul (2022) Perbandingan status mutu air dengan menggunakan metode indeks pencemaran, STORET, CCMEWQI, dan BCWQI di Kali Surabaya segmen Karang Pilang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Fajrul_H05218013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kali Surabaya segmen Karang Pilang memiliki panjang sungai kurang lebih 7 km yang dikelilingi dengan daerah industri dan daerah pemukiman warga. Sungai ini melewati Kelurahan Warugunung, Kelurahan Kebraon, Kelurahan Kedurus dan terdapat IPAM Karang Pilang yang air bakunya berasal dari Kali Surabaya. Sehingga sungai tersebut diperlukan pengukuran status mutunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas setiap parameter yang diuji berdasar baku mutu PP no 22 Tahun 2021 serta membandingkan metode penentuan status mutu air dengan menggunakan Metode Indeks Pencemar, Metode STORET, Metode CCMEWQI, dan Metode BCWQI. Titik pengambilan sampel pada penelitian ini dibagi menjadi tiga titik lokasi dengan menggunakan time series data yang diambil sebanyak dua kali pengulangan dengan rentang waktu 2 hari. Parameter yang diuji dalam penelitian ini meliputi suhu, pH, TDS, TSS, DO, COD, BOD, Timbal (Pb), dan Total Coliform. Hasil dari penelitian ini dimana terdapat 5 dari 9 parameter yang melebihi baku mutu yang telah ditetapkan oleh PP no 22 Tahun 2021 dimana kelima parameter tersebut terdiri dari Suhu, BOD, COD, TSS, dan Total Coliform. Untuk penentuan status mutu air dengan 4 metode masing-masing menunjukan nilai yang berbeda.Penentuan status mutu dengan Metode Indeks Pencemar mendapatkan nilai 5,49 dan mengindikasikan sungai mengalami “Tercemar Sedang”, kemudian Metode STORET mendapatkan nilai -35,3 dan mengindikasikan sungai tersebut mengalami “Tercemar Berat”, Kemudian Metode CCMEWQI mendapatkan nilai 32,14 dan mengindikasikan sungai mengalami “Tercemar Berat”, dan Metode BCWQI mendapatkan nilai 42,37 dan mengindikasikan sungai tersebut dengan “Fair”. Hal ini menunjukan bahwa metode cocok untuk digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Indeks Pencemaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminulloh, Mochamad Fajrulmochamadfajrul@gmail.comH05218013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.id2006088001
Thesis advisorSetyowati, Diah NugraheniDiah Nugraheni2001058202
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Kali Surabaya; Status Mutu; Indeks Pencemar; STORET; CCMEWQI; BCWQI
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Mochamad Fajrul Aminulloh
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:25
Last Modified: 18 Jul 2022 06:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54044

Actions (login required)

View Item View Item