Pengelolaan sampah berbasis masyarakat di pos pendakian Gunung Penanggungan jalur Tamiajeng Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Samudera, Bayu Khatulistiwa (2022) Pengelolaan sampah berbasis masyarakat di pos pendakian Gunung Penanggungan jalur Tamiajeng Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bayu Khatulistiwa Samudra_H75217054.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sampah merupakan material sisa yang dihasilkan setelah berakhirnya suatu proses kegiatan manusia. Jumlah timbulan sampah mengalami peningkatan dan pengelolaan sampah yang tidak optimal dapat menyebabkan berbagai masalah lain antara lain menimbulkan penyakit, menyumbat drainase air, pencemaran tanah dan air, dan mengurangi keindahan lingkungan. Pengelolaan sampah yang ada pada Pos Pendakian Gunung Penanggungan Jalur Tamiajeng masih belum baik, maka dari itu perlu adanya pengelolaan sampah dengan baik. Pengelolaan sampah berbasis masyarakat menjadi sistem pengelolaan sampah yang tepat untuk masyarakat di sekitar Pos Pendakian Gunung Penanggungan Jalur Tamiajeng. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kuantitatif. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan data refrensi dan instansi terkait meliputi data gambaran umum karakteristik wilayah dan jumlah masyarakat serta pendaki gunung. Pada pengumpulan data primer, data terdiri dari nilai timbulan sampah, komposisi sampah, densitas sampah, dan kuisioner. Metode sampling yang digunakan menggunakan SNI 19-3964-1994 yang dilakukan selama 8 hari berturut-turut. Hasil analisa perhitungan didapatkan untuk timbulan sampah adalah 0.27 kg/jiwa/hari. Komposisi sampah yang ada di Pos Pendakian Gunung Penanggungan Jalur Tamiajeng didominasi sampah botol plastik sebesar 30.5% dari total timbulan. Nilai densitas sampah rata-rata adalah 69.85 kg/m3. Kesadaran masyarakat di Pos Pendakian dikategorikan mendukung, sebab hasil kuisioner sebanyak 64% masyarakat mendukung pengelolaan sampah dan 36% masyarakat menolak. Pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Pos Pendakian terdiri 3 tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap implementasi, dan tahap pasca implementasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Samudera, Bayu Khatulistiwabayukhatulistiwa05@gmail.comH75217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Thesis advisorSetyowati, Rr Diah Nugrahenidiahnugraheni@uinsby.ac.id2001058202
Subjects: Bencana alam
Masyarakat
Keywords: Pengelolaan sampah; pos pendakian; masyarakat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Bayu Khatulistiwa Samudera
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:38
Last Modified: 19 Jul 2022 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54047

Actions (login required)

View Item View Item