Uji kualitas pada air minum isi ulang di Kecamatan Ngambon, Bojonegoro ditinjau dari air baku, perlakuan petugas dan pemeliharaan alat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septania, Eka Sabrina Nur (2022) Uji kualitas pada air minum isi ulang di Kecamatan Ngambon, Bojonegoro ditinjau dari air baku, perlakuan petugas dan pemeliharaan alat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Sabrina Nur Septania_H75217035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Air minum isi ulang merupakan salah satu alternatif yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro akan tetapi kualitas air isi ulang belum diketahui apakah air tersebut memenuhi baku mutu standar air minum. Tujuan dari penelitian mengetahui kualitas air minum yang di tinjau dari TDS, Kekeruhan, Total Coliform dan pH sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492 Tahun 2010 serta Kuisione untuk mengetahui kualitas air baku, perlakuan petugas, dan pemeliharaan alat mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor. 43 Tahun 2014 dilakukan dengan wawancara dan observasi. Jenis penelitian ini menggunakan jenis pendekatan secara kuantitatif. Parameter yang digunakan pada penelitian ini yakni TDS, Kekeruhan Total Coliform dan pH yang di bandingkan dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492 Tahun 2010. Hasil penelitian ini pada parameter fisik berupa Total Dissolved Solid (TDS) seluruh depot memenuhi baku mutu dan kekeruhan bahwa 2 depot belum memenuhi. Parameter biologi berupa Total Coliform bahwa 4 depot belum memenuhi baku mutu. Pada parameter kimia yakni pH seluruh depot memenuhi baku mutu dan seluruh Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) perlakuan petugas dan pemeliharaan alat pada DAMIU yang dilaksanakan oleh pelaku usaha di Kecamatan Ngambon Kabupaten Bojonegoro belum memenuhi syarat fisik yakni nilai kurang dari 70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septania, Eka Sabrina NurEkasabrinans@gmail.comH75217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorOktorina, Saritasaritaoktorina@gmail.com2005108701
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.i0709109001
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Air minum; air minum isi ulang; DAMIU
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Eka Sabrina Nur Septania
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:30
Last Modified: 19 Jul 2022 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54074

Actions (login required)

View Item View Item