Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal di Desa Depok Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Ratih Arum (2022) Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal di Desa Depok Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ratih Arum Sari_H05217020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Air limbah domestik merupakan air sisa dari suatu kegiatan seperti mencuci pakaian, mencuci alat makan, mandi dan kakus. Air limbah tersebut mengandung beberapa bahan pencemar yang akan mengakibatkan penurunan kualitas badan air seperti sungai yang ada di sekitar. Tujuan dari penelitian ini yaitu merencanakan pembangunan unit Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di Desa Depok, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek beserta perhitungan volume bangunan dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibutuhkan serta standar operasional prosedur Sebagian acuan untuk mengoperasikan IPAL komunal di Desa Depok. Metode penelitian menggunakan data primer dari hasil pengujian kualitas air limbah untuk menentukan alternatif pengolahan air limbah dan data sekunder dari data penduduk yang diproyeksikan untuk mendapatkan debit air limbah yang digunakan sebagai perencanaan untuk menentukan dimensi bangunan.Teknologi yang dipilih yaitu sumur pengumpul, unit pengendap awal, biofilter anaerob-aerob, unit pengendap akhir, pompa desinfeksi dan bak kontrol. Pemilihan teknologi pengolahan didasarkan karena unit ini memiliki keunggulan dalam meremoval kadar pencemar organik dengan tingkat efisiensi yang tinggi dan kebutuhan lahan yang tidak terlalu luas. Hasil penelitian yang didapat berupa gambar desain (DED) unit IPAL, dimensi total bangunan pengolah seluas 1173,6 m2 dengan panjang 128 m dan lebar 12 m, spesifikasi bahan yang digunakan, serta rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan konstruksi unit IPAL yaitu sebesar Rp Rp 2.667.154.000,00. Standar operasional prosedur dan pemeliharaan IPAL dengan memastikan setiap unit berfungsi dengan baik, menguras lumpur sesuai dengan waktu yang ditentukan dan memeriksa saluran inlet dan outlet.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Ratih Arumrarums16@gmail.comH05217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id2003018701
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Biofilter Anaerob-Aerob; pengolahan kombinasi; amoniak; air limbah domestik; perencanaan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ratih Arum Sari
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:45
Last Modified: 19 Jul 2022 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54075

Actions (login required)

View Item View Item