Pengorganisasian santri dalam membangun perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS): penelitian pada pondok pesantren Dayah Insan Qur’ani Nurussalam, Desa Teupin Pukat, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Bayu (2022) Pengorganisasian santri dalam membangun perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS): penelitian pada pondok pesantren Dayah Insan Qur’ani Nurussalam, Desa Teupin Pukat, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bayu Aulia_B52217033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini fokus pada Pengorganisasian santri dalam membangun perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Pondok Pesantren Dayah Insan Qur’ani Nurussalam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses ketidakbersihan dan peningkatan kesadaran santri dalam meningkatkan PHBS itu terjadi, serta mengetahui tiap proses pengorganisasian yang dapat memberdayakan, dan mengetahui relevansi pengorganisasian para santri dengan prinsip dakwah yang di kembangkan di prodi pengembangan masyarakat islam dalam memecahkan suatu problem sosial. Penelitian ini menggunakan metode Partisipatory Action Research (PAR) yang selalu menghubungkan antara partisipasi, riset, dan aksi. Komunitas mualaf dan stakeholder dijadikan subjek/aktor perubahan, karena penelitian dilakukan oleh, dari, untuk para santri dengan konsep partisipasi dan kerjasama tim yang baik. Sehingga dari proses pemetaan, penyusunan masalah dan harapan, aksi, hingga monitoring evaluasi dilakukan bersama-sama. Adapun dalam proses penggalian data penelitian menggunaka teknik – teknik yang termuat dalam metode Participatory Rural Appraisal (PRA) Hasil dari Pengorganisasian santri dalam membangun perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Pondok Pesantren Dayah Insan Qur’ani Nurussalam yaitu para santri mampu menerapkan nilai nilai PHBS dan di implementasikan kedalam kehidupan berasrama dan juga tercipatanya lingkungan pondok pesantren yang lebih asri, bersih dan sehat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Bayubayuaulia10@gmail.comB52217033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Kesehatan > Anak, Alergi makanan
Kesehatan > Anak, Alergi makanan

Akulturasi
Pengabdian Masyarakat
Keywords: PHBS; santri; pengorganisasian; kesehatan lingkungan; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email Bayuaulia10@gmail.com
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:31
Last Modified: 21 Jul 2022 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54087

Actions (login required)

View Item View Item