Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kapasitas produsen kerupuk batok di Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Zuhrotun (2021) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kapasitas produsen kerupuk batok di Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuhrotun Nisak_B52217046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan ekonomi komunitas produsen kerupuk batok dalam peningkatan aset serta relevansinya dengan dakwah bil haal. Untuk mendeskripsikan kedua tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang mana bahan dasar mencapai tujuan berupa perubahan sosial dalam penelitian mengutamakan potensi dan aset yang ada di masyarakat. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, menganalisis keunggulan aset, aset yang difokuskan dalam penelitian ini yakni SDM berupa ketrampilan membuat kerupuk batok, dikarenakan adanya banyak produsen kerupuk batok dan memiliki alat-alat dalam pembuatan kerupuk batok. Selain itu, adanya aset lain di desa yang mampu dimanfaatkan sebagai pengembangan aset SDM tersebut. Selanjutnya menganalisis strategi program, langkah yang diambil yaitu, menciptakan kelompok usaha bersama dan mengadakan pelatihan pemasaran serta pengelolaan keuangan. Hasil dari penelitian ini ialah terciptanya peningkatan aset komunitas produsen kerupuk batok berupa (1) adanya sebuah kelompok usaha, (2) perubahan mindset, (3) memiliki kepahaman terkait manajemen keuangan dan pemasaran, (4) adanya perubahan skill berupa inovasi packaging dan promosi pemasaran menggunakan media online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Zuhrotunnisakzuhrotun1999@gmail.comB52217046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: pengembangan ekonomi; aset; peningkatan aset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zuhrotun Nisak
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:38
Last Modified: 21 Jul 2022 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54092

Actions (login required)

View Item View Item