Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan aplikasi live worksheet untuk meningkatkan hasil belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthafa, Ali (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan aplikasi live worksheet untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ali Musthafa_D74218019.pdf

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan aplikasi live worksheet agar menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik). RPP dikembangkan mengacu pada model kooperatif tipe STAD. Sedangkan E-LKPD dikembangkan melalui aplikasi live worksheet. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahapan proses pengembangan, di antaranya: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Penelitian ini diterapkan kepada 35 siswa kelas VII-G di SMPN 1 Sukodono. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik field note, teknik validasi dan teknik tes. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisis menggunakan analisis field note, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil yang didapakan oleh penelitian ini meliputi: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada tahap analisis diperoleh data tentang rendahnya hasil belajar siswa, kendala kegiatan pembelajaran, kurikulum 2013 dan materi pembelajaran yang digunakan di SMPN 1 Sukodono. Tahap perancangan, peneliti merancang perangkat pembelajaran secara konseptual. Tahap pengembangan, peneliti membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran kemudian memvalidasi dan memperbaiki berdasarkan masukan para validator. Tahap penerapan, peneliti menerapkan perangkat pembelajaran kepada siswa kelas VII-G di SMPN 1 Sukodono. Tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi dan menilai seberapa besar keefektifan perangkat pembelajaran. (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,68, E-LKPD sebesar 4,72, lembar pretest dan posttest sebesar 4,62 yang termasuk pada kriteria “sangat valid”. (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” pada kriteria “A” dengan rata-rata total nilai kepraktisan sebesar 92,90 yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. (4) Perangkat pembelajaran dinyatakan “efektif” untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthafa, Alimusthafaali85@gmail.comD74218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Teknologi
Keywords: Model kooperatif tipe STAD; live worksheet; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ali Musthafa
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:20
Last Modified: 20 Jul 2022 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54107

Actions (login required)

View Item View Item