Islamisasi di Pelabuhan Tuban abad XV-XVI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Hafati Roihatuz (2022) Islamisasi di Pelabuhan Tuban abad XV-XVI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hafati Roihatuz Zahro_A02218017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini fokus permasalahannya adalah (1) bagaimana sejarah berdirinya pelabuhan Tuban? (2) bagaimana islamisasi yang terjadi di pelabuhan Tuban? (3) bagaimana dampak islamisasi di pelabuhan Tuban?. Dalam skripsi ini metode yang digunakan ialah metode penelitian sejarah, meliputi heuristik, verifikasi, interpretasi, serta historiografi. Pendekatan yang digunakan pada skripsi ini ialah pendekatan historis sosiologi, dengan menggunakan teori continuaity and change berdasarkan pendapat dari John Obert Voll, teori ini merupakan kesinambungan serta adanya perubahan yang terjadi di masyarakat. Selain itu juga menggunakan teori perubahan menurut Soerjono Soekanto dalam bukunya “Sosiologi Suatu Pengantar” menurutnya ialah segala bentuk perubahan institusi kemasyarakatan yang mampu mempengaruhi sistem sosial yang ada. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; (1) Pelabuhan Tuban merupakan pelabuhan yang sudah berdiri sejak zaman Airlangga di abad ke-11. Berdasarkan pada salah satu prasasti yang dikeluarkan oleh Airlangga, yang di dalamnya menjelaskan bahwa Raja Airlangga mempunyai dua pelabuhan yakni pelabuhan Hujung Galuh dan Kambang Putih yang ada di Tuban. (2) Proses islamisasi di pelabuhan Tuban berlangsung sangat cepat, karena ajaran yang berisi tentang nilai ketakwaan terhadap Tuhan serta kesetaraan umat manusia, hal ini menarik masyarakat melalui perdagangan dan perkawinan. (3) Dampak islamisasi yang terjadi di pelabuhan Tuban dalam bidang ekonomi ialah sepinya pelabuhan Tuban melahirkan kriminalisasi oleh sebagian masyarakat. Dalam bidang politik, keunggulan posisi saudagar muslim. Hal ini dikarenakan hampir seluruh perdagangan di kontrol oleh saudagar muslim. Sedangkan, dalam bidang keberagamaan kepercayaan animisme dan dinamisme, Hindu Budha lambat laun mulai berubah disebabkan mulai masuknya nilai-nilai agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Hafati Roihatuzhafatiroihatuzzahro03@gmail.comA02218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Pelabuhan Tuban; Islamisasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hafati Roihatuz Zahro
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:36
Last Modified: 20 Jul 2022 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54114

Actions (login required)

View Item View Item