Strategi penanaman religiusitas pada penerima manfaat di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Uyunul Faizatul (2022) Strategi penanaman religiusitas pada penerima manfaat di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uyunul Faizatul Anwar_I93218095.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengemis, gelandangan, dan psikotik merupakan orang-orang dengan permasalahan perilaku sosial, sehingga diperlukan penanaman nilai religiusitas untuk mengubah perilakunya. Maka diperlukan strategi penanaman nilai religiusitas pada penerima manfaat di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo, Jawa Timur yang bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi yang dilakukan dalam menanamkan nilai religiusitas pada penerima manfaat. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yang mementingkan penjelasan deskripsi, narasi, atau gambaran dari informan serta keadaan lapangan mengenai fenomena yang diteliti. Untuk menganalisis hasil penelitian mengenai strategi penanaman religiusitas pada penerima manfaat ini menggunakan teori pertukaran atau pertukaran sosial dari George Homans. Strategi-strategi yang dilakukan semuanya terdapat unsur pertukaran yang menguntungkan bagi kedua pihak (penerima manfaat dengan pekerja sosial atau instruktur). Analisis temuan dengan teori pertukaran sosial ini memberikan perubahan bagi perilaku sosial para penerima manfaat, yang awalnya tidak terbiasa dengan aturan, bertingkah laku menyimpang mulai memperbaiki perilakunya karena faktor lingkungan yang suportif untuk memupuk perubahan. Ketika terjadi pengulangan dari perilaku-perilaku positif yang dilakukan penerima manfaat terkait implementasi aspek religiusitas dalam tindakan sosial, akan terjadi suatu penguatan (reinforcement) dan bisa terjadi suatu perubahan perilaku sosial positif pada penerima manfaat ke depannya. Sejalan dengan tujuan dari adanya balai ini sebagai instansi untuk proses rehabilitasi pada orang-orang dengan permasalahan perilaku sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Uyunul Faizatuluyyunulfaiza@gmail.comI93218095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Psikologi Sosial
Sosiologi > Sosiologi Agama
Keywords: Strategi; religiusitas; masalah kesejahteraan sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Uyunul Faizatul Anwar
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:49
Last Modified: 20 Jul 2022 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54120

Actions (login required)

View Item View Item