Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan nilai-nilai toleransi beragama siswa SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astuty, Melanie Fitri (2022) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan nilai-nilai toleransi beragama siswa SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Melanie Fitri Astuty_D91218167.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dari rumusan masalah yang ada: 1. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan nilai- nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo 2. Dampak penerapan stratetgi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan nilai- nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo. Penelitian pada skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakna adalah sumber data primer yaitu informan dan data sekunder yaitu dokumen. Analisis data yang dilakukan adalah dengan kondensasai data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan knik triangulasi data. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan nilai-nilai toleransi beragama siswa SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo diantaranya dengan pengajaran toleransi melalui materi pembelajaran, pelaksanaan ibadah tiap-tiap agama, penanaman pembiasaan program keagamaan seperti pelaaksanaan sholat dhuha, sholat dhuhur, sholat Jum’at, tadarus pagi, infaq rutin, pembiasaan berdo’a, serta perayaan hari besar keagamaan, dan pembentukan akhlak siswa melalui pembiasaan 3S, menanamkan rasa kasih sayang, saling menghormati dan menghargai. 2. Dampak yang dihasilkan dalam penerapan strategi gruru PAI dalam meningkatkan nilai-nilai toleransi siswa di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo diantaranya siswa dapat bertanggung jawab atas keyakinan dan perbuatannya masig-masing, terbentuknya akhlak yang baik pada siswa, dapat saling menghargai dan menghormati, dapat berlaku adil dan baik kepada semua, terciptanya kerukuanan dan kedamaian setiap warga sekolah di lingkungan sekolah, dapat menanggapi konflik dengan bijak, serta dapat mengamalkan apa yang telah diajarkan di sekolah dimanapun siswa berada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astuty, Melanie Fitrimelaniefitri07@gmail.comD91218167
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Toleransi
Keywords: Guru PAI; nilai-nilai toleransi; siswa SMPN 3 Krian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Melanie Fitri Astuty
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:04
Last Modified: 20 Jul 2022 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54139

Actions (login required)

View Item View Item