Implikasi hadis dalam kehidupan tentang waktu sahur berakhir: kajian Ikhtilaf al Hadith dalam Musnad Ahmad nomor indeks 10629 dan 4551

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasib, Luthful (2022) Implikasi hadis dalam kehidupan tentang waktu sahur berakhir: kajian Ikhtilaf al Hadith dalam Musnad Ahmad nomor indeks 10629 dan 4551. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthful Hasib_E95216064.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di dalam kitab Musnad Ahmad terdapat hadis tentang waktu sahur berakhir yang berseberangan makna dengan hadis lain. Hadis tersebut menganjurkan agar tetap melanjutkan sahur meskipun waktu telah berakhir, sedangkan hadis lain melarang perihal anjuran pada hadis pertama. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan pertentangan dan mengambil implikasi yang terdapat pada permasalahan di atas supaya hadis-hadis tersebut dapat diimplementasikan dengan baik. Penentuan rumusan masalah disesuaikan dengan pemecahan masalah di atas, yakni; bagaimana kualitas kedua hadis dalam Musnad Ahmad nomor indeks 10629 dan 4551, bagaimana penyelesaian pertentangannya, dan bagaimana implikasi kedua hadis dalam kehidupan. Adapun tujuan penelitian ini adalah; supaya kualitas kedua hadis dapat diketahui, menemukan solusi perselisihan pada kedua hadis, dan mendapati implikasinya dalam kehidupan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kedua hadis di atas sama-sama berkualitas Sahih. Pertentangan di antara kedua hadis dapat diselesaikan dengan metode al Jam’u sehingga makna dari kedua hadis tersebut tidak lagi kontradiktif. Dan implikasinya adalah masyarakat muslim dapat mengimplementasikan hadis-hadis tersebut secara benar, yakni berhenti melanjutkan sahur ketika adzan Subuh berkumandang supaya tidak merusak keabsahan ibadah puasa yang hendak diamalkan. Hadis di atas juga berimplikasi pada penerapan imsak dalam kehidupan masyarakat muslim dengan intensi agar lebih berhati-hati mengenai waktu sahur berakhir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasib, Luthfulhasibluthful@gmail.comE95216064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.com2031015801
Subjects: Ibadah
Hadis
Keywords: Mukhtalif Hadis; Musnad Ahmad; sahur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Luthful Hasib
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:17
Last Modified: 20 Jul 2022 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54176

Actions (login required)

View Item View Item