Pengaruh pembiasaan literasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik Kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Shilfina (2022) Pengaruh pembiasaan literasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik Kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shilfina Salsabila_D97218106.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya tingkat literasi anak terhadap literasi membaca. diera digitalisasi literasi rakyat Indonesia sangat rendah, hampir seluruhnya bisa digambarkan. Sedangkan literasi membaca merupakan salah satu pelajaran yang tidak hanya memperdalam pemahaman informasi tertulis,tetapi juga melatih kemampuan berpikir peserta didik. Salah satu permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya kebiasaan peserta didik dalam literasi membaca. Dalam hal ini peneliti melihat pengaruh pembiasaan literasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.Rumusan masalah penelitian ini: 1) Bagaimana Pembiasaan Literasi di MI Tarbiyatul Athfal Lamongan? ; 2) Bagaimana pengaruh pembiasaan literasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Lamongan sebelum dan sesudah diberikan treatmentt?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest dengan membandingkan nilai sebelum diberikan treatment (Pretest) dan sesudah diberikan treatment (Posttest). Dan teknik analisis data yang digunakan adalah Observasi, Tes, dan Dokumentasi.
Hasil Penelitian ini adalah : 1) Pembiasaan literasi dalam pembelajaran di kelas IV dengan materi cerita fiksi memperoleh nilai akhir 65% dimana mendapatkan predikat BAIK ; 2) Pengaruh pembiasaan literasi pada hasil belajar peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Athfal dapat dilihat dengan adanya perubahan nilai pre-test dan post-test peserta didik dimana nilai rata-rata keseluruhan peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Athfal saat pretest adalah 38,9 dengan persentase 5,26% yang kemudian menunjukkan peningkatan pada nilai posttest yaitu dengan nilai rata-rata 76,2 dan persentase 81,56%. juga dibuktikan dengan pengujian teori dengan menggunakan uji-t contoh yang sesuai yang menunjukkan nilai asym sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diakui, sehingga sangat mungkin diduga bahwa kecenderungan pembiasaan literasi mampu mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Lamongan. Penelitian mengenai pengaruh pembiasaan literasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Athfal ini dapat dikategorikan sangat berpengaruh atau ada pengaruh yang signifikan, jika dilihat dari meningkatnya hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan treatmen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Shilfinafenaf9408@gmail.comD97218106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotijauharotialfin@uinsby.ac.id197306062003122005
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id197302022007011040
Subjects: Pendidikan
Keywords: Pengaruh; pembiasaan literasi; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shilfina Salsabila
Date Deposited: 20 Jul 2022 14:43
Last Modified: 20 Jul 2022 14:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54177

Actions (login required)

View Item View Item