Penerapan customer relationship management dalam upaya meningkatkan Loyalitas Donatur di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasnah, Nur Izzatul (2022) Penerapan customer relationship management dalam upaya meningkatkan Loyalitas Donatur di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Izzatul Chasnah_B94218109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan Customer Relationship Management Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Donatur Di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan komponen Customer Relationship Management di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menggambarkan kendala Cutomer Relationship Management di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitain deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data untuk menggali informasi melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti di lapangan menggambarkan, bahwa komponen Customer Relationship Management di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya, yaitu manusia (SDM), proses dan teknologi. Penelitian ini juga menemukan pelaksanaan Customer Relationship Management (CRM), yaitu pertama, identifikasi yang dilakukan dengan mendata calon donatur yang daftar. Kedua, diferensiasi yang dilakukan dengan cara mengelompokkan donatur. Ketiga, interaksi yang dilakukan kepada seluruh donatur melalui bantuan teknologi. Keempat personalisasi yang dilakukan dengan cara menawarkan produk maupun layanan jasa kepada donatur. Adapun kendala Customer Relationship Management (CRM) di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya terdiri dari dua hal, yaitu kendala intenal dan kendala eksternal. Pertama, kendala internal meliputi miss communication dan masalah jaringan. Kedua, kendala eksternal meliputi adanya persaingan bisnis dan ketidakpuasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasnah, Nur Izzatulnurizza366@gmail.comB94218109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Achmad Khairulahmad_khairul_hakim@yahoo.com2030127501
Subjects: Manajemen
Manajemen Dakwah
Keywords: Customer Relationship Management (CRM); Loyalitas; YDSF
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Nur Izzatul Chasanah
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:51
Last Modified: 21 Jul 2022 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54181

Actions (login required)

View Item View Item