Analisis Hukum Islam terhadap konsep keadilan berpoligami menurut pengasuh pesantren Tahfidz Qur’an Ma’had Yashma Serang Banten

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awaliyah, Dita Faradila (2022) Analisis Hukum Islam terhadap konsep keadilan berpoligami menurut pengasuh pesantren Tahfidz Qur’an Ma’had Yashma Serang Banten. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Faradila Awaliyah_C71218051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa hasil wawancara dengan KH. Hafidin. Untuk sumber data sekunder diperoleh dari buku 45 Hari Sukses Poligami oleh KH. Hafidin dan Youtube Narasi Newsroom tentang menguak sisi lain mentoring poligami berbayar. Hasil penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan. Pertama, implementasi keadilan pada praktik poligami oleh KH. Hafidin pada kebutuhan material adalah cukup dengan sudah berusaha berlaku adil. Untuk nafkah diberikan seperlunya, tempat tinggal diberikan secara terpisah, pembagian jatah menginap dan hubungan suami istri hanya dengan istri yang sedang suci dan ditempat istri yang sedang suci. Mengenai keadilan immaterial atau kasih sayang KH. Hafidin merasa tidak bisa menggerakkan hatinya sehingga pasti ada istri yang dirasa paling dicinta. Kedua, keadilan poligami oleh KH. Hafidin menurut hukum Islam sebagian sudah terpenuhi. Diantaranya keadilan dalam nafkah, tempat tinggal, hubungan suami istri dan kasih sayang. Hanya dalam pembagian jatah menginap yang dirasa tidak adil. Berdasarkan hasil dari penelitian diatas, dapat diberikan saran bagi para pihak yang melakukan poligami, hendaknya lebih memperhatikan kembali apakah keadilan yang diyakini sudah sesuai dengan syariat islam. Meskipun istri mengatakan rela, setidaknya seorang suami harus bisa peka dan selalu berusaha adil disetiap yang dilakukan. Sementara ruang lingkup dari penelitian ini hanya fokus pada keadilan terhadap istri-istrinya. Kepada penelitian selanjutnya, diharapkan mampu untuk melihat lagi secara mendalam seperti cara untuk izin berpoligami dan aspek-aspek penting dalam poligami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awaliyah, Dita Faradiladitaafaradilaa@gmail.comC71218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Holilurelrahman10@gmail.com2002108702
Subjects: Hukum Islam
Poligami
Peradilan
Keywords: hukum islam; konsep berpoligami; pengasuh
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: DITA FARADILA AWALAIYAH
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:42
Last Modified: 21 Jul 2022 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54208

Actions (login required)

View Item View Item