Analisis hukum Islam terhadap kerjasama usaha minuman merk rasayang di pondok Permata Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakaria, Asrul (2022) Analisis hukum Islam terhadap kerjasama usaha minuman merk rasayang di pondok Permata Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asrul Zakaria_C92218116.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab pertanyaan pada rumusan masalah yang terdiri dari: 1) Bagaimana Praktik Akad Kerjasama Usaha Minuman Merk “Rasayang” Di Pondok Permata Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik?; dan 2) Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Kerjasama Usaha Minuman Merk “Rasayang” Di Pondok Permata Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik?. penelitian yang digunakan untuk menyusun skripsi ini adalah Field research (studi lapangan) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif. Dengan demikian, penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif dengan penulisan dilakukan secara naratif. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa yang dilakukan oleh salah satu pemilik usaha tidak memenuhi aturan dalam sebuah kerjasama yakni ikut ambil bagian dalam menjalankan usaha yang mana membuat batalnya kerjasama dalam akad shirkah yang dilakukan. Hal yang dilakukan oleh salah satu pemilik tersebut tidak sesuai dengan ketentuan akad shirkah dimana dalam kerjasama yang dilakukan harus menjalankan kewajiban, ikut dalam menjalankan roda usaha dan izin dari pemilik lain apabila ada suatu halangan. Akan tetapi, yang dilakukan oleh salah satu pemilik tersebut bertentangan serta tidak ikut menanggung resiko dalam hal keuntungan, kerugian, mauapun manajemen dalam kerjasama usaha tersebut. Dari hasil kesimpulan penelitian tersebut, peneliti dapat memberikan saran kepada kedua pemilik usaha minuman merk “Rasayang” untuk lebih terbuka apabila terdapat sebuah masalah dan mengikuti aturan dalam sebuah kerjasama apabila menjalankan sebuah usaha kerjasama dengan siapapun supaya tidak ada pihak lain yang dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakaria, Asruljackynm33@gmail.comC92218116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muhmsholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Hukum Ekonomi
Muamalat Muamalah
Keywords: Hukum Islam; usaha minuman
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Asrul Zakaria
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:25
Last Modified: 21 Jul 2022 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54219

Actions (login required)

View Item View Item