Keabsahan penerjemahan Tukadhdhiban pada Surat Ar Rahman dalam naskah terjemah Alquran Bhuju' Bukkol

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Hayatullah Hilmi (2022) Keabsahan penerjemahan Tukadhdhiban pada Surat Ar Rahman dalam naskah terjemah Alquran Bhuju' Bukkol. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hayatullah Hilmi Aziz_E93218092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisa kualitas kata tukadhdhiban dalam surat ar-Rahman yang diterjemahkan angeliyoaken dalam naskah terjemah Alquran Bhuju’ Bukkol. Kata angeliyoaken bermakna “lainkan” dan “tidak termasuk”, karena itulah penerjemahan ini berbeda dengan mayoritas yang menerjemahkan “mendustakan”. Maka dari itu, penelitian ini mengkaji status keabsahan penerjemahannya, dan implikasinya jika diterjemahkan demikian. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis library research, dan metode deskriptif dengan menggunakan teori-teori terjemah. Berdasarkan teori terjemah Newmark, kata angeliyoaken secara unsur singkat dan padatnya terpenuhi, namun dalam segi akurasi berdasarkan kamus kurang tepat, sedangkan dari sisi akurasi pemahamannya tepat, karena itu, terjemahan ini juga dikategorikan komunikatif. Sedangkan secara teori terjemah Alquran Imam Hanafi, kata “angeliyoaken” termasuk teori terjemah ma’nawiyah, lalu al-Qaththan memetakkannya lagi kepada ma’nawiyah ashliyah. Penerjemahan angeliyoaken, dinilai lebih aman berdasarkan dua pertimbangan. Pertama: tidak merusak pemahaman asli ungkapan fa bi ayyi alai rabbikuma tukadhdhiban Kedua: objek pembaca yang mayoritas awam dan cenderung sensitif. Maka implikasi penerjemahan ini, selain memberikan pemahaman yang benar, juga tidak menimbulkan ketersinggungan masyarakat awam yang sensitif. Oleh karena itu, ada unsur kesengajaan pengarang memilih penerjemahan tersebut untuk tujuan dakwah.Maka kesimpulannya, penerjemahan tukadhdhiban pada ungkapan fa bi ayyi alaI rabbikuma tukadhdhiban dalam surat ar-Rahman dibenarkan berdasarkan teori terjemah, dan berimplikasi tidak merusak pemahaman asli dan tidak membuat pembaca tersinggung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Hayatullah Hilmihilmyhayat@gmail.comE93218092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Al Qur'an
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Angeliyoaken; naskah TSTQBB; terjemah Alquran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hayatullah Hilmi Aziz
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:55
Last Modified: 19 Jul 2022 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54231

Actions (login required)

View Item View Item