Tinjauan hukum Islam dan Undang Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap praktik jual beli masker organik di online shop Mianmoskin.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamilia, Rona Zalfa (2022) Tinjauan hukum Islam dan Undang Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap praktik jual beli masker organik di online shop Mianmoskin.id. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rona Zalfa Kamilia_C92218170 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Tinjauan Hukum Islam dan Undang Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Masker Organik di Online shop Mianmoskin.id” ini merupakan sebuah penelitian yang dilakukan untuk menjawab persoalan mengenai: 1) Bagaimana praktik jual beli masker organik di Online shop Mianmoskin.id 2) Bagaimana analisis hukum Islam dan Undang Undang Perlindungan Konsumen terhadap jual beli masker Organik di Online shop Mianmoskin.id. Penelitian skripsi ini dilakukan berdasarkan penelitian lapangan atau field research. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi, yang dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif. Yaitu pertama-tama menjabarkan teori jual beli menurut hukum Islam dan Undang Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen sebagai data sekunder. Lalu teori tersebut digunakan untuk menganalisis status hukum dari praktik jual beli masker organik di Online Shop Mianmoskin.id yang merupakan data primer dari penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) praktik jual beli masker organik Mianmo di Online shop Mianmoskin.id terjadi apabila pembeli memasukkan produk masker organik Mianmo lalu meng-checkout-nya. Lalu penjual membungkus pesanan dan mengirimkan lewat kurir. Transaksi dianggap selesai ketika pesanan sampai ke tangan pembeli yang ditandai dengan informasi pesanan diterima, 2) dari sudut pandang hukum Islam, praktik jual beli masker organik di Online shop Mianmoskin.id merupakan jual beli gharar karena dalam jual beli, objek harusnya dapat diketahui secara jelas, sedangkan masker organik Mianmo ini dijual dengan mengaburkan keterangan komposisinya sehingga pembeli tidak mendapat keterangan yang jelas atas produk tersebut. Dan jika dilihat dari sudut pandang Hukum positif menggunakan Undang Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, jual beli ini merupakan jual beli yang melanggar Pasal 7 ayat (1, 2, 4, 5, 6, dan 7) yang pada pasal tersebut diterangkan mengenai kewajiban yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis memberikan saran kepada pelaku usaha untuk dapat menjelaskan kepada konsumen mengenai keterangan apapun yang bersangkutan dengan produk yang ia jual terutama komposisi karena komposisi produk adalah hal yang sangat penting bagi konsumen dan juga senantiasa mampu mengutamakan mutu produk. Kemudian untuk konsumen, sebaiknya lebih teliti dan mawas diri ketika akan membeli suatu produk perawatan wajah seperti masker dan tidak mudah tergiur harga yang terjangkau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamilia, Rona Zalfaronnazalf@gmail.comC92218170
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFageh, Ahmadachmadfageh@gmail.com0703067304
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Hukum Islam; Undang Undang No. 8 Tahun 1999; jual beli; masker organik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S.H. Rona Zalfa Kamilia
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:28
Last Modified: 21 Jul 2022 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54243

Actions (login required)

View Item View Item