Kontruksi pesan dakwah flim "Satu Amin Dua Iman" dalam media streaming WeTV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arianti, Qori Hajidah (2022) Kontruksi pesan dakwah flim "Satu Amin Dua Iman" dalam media streaming WeTV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qori Hajidah Arianti_B01218034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat kualitatif dan bertujuan untuk memahami kontruksi pesan dakwah yang terdapat dalam Film Satu Amin Dua Iman. Peneliti menggunakan model analisis framing dengan teknik dengan teknik pengumpulam data observasi dan dokumentasi.. Berdasarkan analisis framing model William A. Gamson dan Modigliani pada film “Satu Amin Dua Iman” yang mengisahkan tentang dua orang yang saling mencintai namun terhalang oleh keyakinan. Maka framing yang dibentuk oleh sutradara, mengenai peristiwa konversi agama salah satunya dengan faktor social lingkungan yaitu sering bertemunya Arya dan Aisya dalam satu acara. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam film“ Satu Amin Dua Iman” cenderung membangun/mengkonstruksi kategori pesan akidah yaitu, keyakinan kepada Allah SWT akan kuasa-Nya dan mengucapkan syahadat bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Adapun akhlak yakni: cara berpakaian orang muslim, sholat tepat waktu dan etika berjabat tangan dengan lawan jenis. Dan yang termasuk untuk kategori syariah yaitu niat hijrah dijalan Allah dan istiqomah dalam ketaqwaan dan beribadah. Rekomendasi dalam skripsi ini diharapkan dapat dijadikan acuan peneliti selanjutnya yang juga meneliti pesan dakwah dalam flim “Satu Amin Dua Iman” dalam media streaming WeTV agar menggunakan metode analisis yang lain nya dan bisa menggali lebih dalam lagi pembahasan penelitian didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arianti, Qori HajidahQoryarianti1902@gmail.comB01218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlaihi, Wahyuwahyu.ilaihi@uinsby.ac.id2002047802
Subjects: Nikah
Keywords: Analisis framing; Gamson Modiglani; Konversi agama; Kisah cinta
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Qori Hajidah Arianti
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:00
Last Modified: 21 Jul 2022 06:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54248

Actions (login required)

View Item View Item