Exploratory factor analysis terhadap kesiapan implementasi Green IT Berbasis Indikator G-Readiness

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuraidah, Dea Nur (2022) Exploratory factor analysis terhadap kesiapan implementasi Green IT Berbasis Indikator G-Readiness. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dea Nur Zuraidah_H96218056 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Green IT merupakan praktik perancangan, pembuatan, dan penggunaan perangkat komputer, printer, monitor, server, perangkat penyimpanan maupun sistem jaringan secara efisien dan efektif tanpa menimbulkan dampak yang serius bagi lingkungan. Penelitian ini terfokus pada Green use of IT System, yaitu penggunaan perangkat IT secara ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan komputer yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan indikator-indikator yang paling signifikan menentukan kesiapan implementasi Green IT pada PT. Prima Visi Globalindo berdasarkan framework G-readiness dan mengetahui model dari usulan kesiapan Green IT di Indonesia berdasarkan hasil Exploratory Factor Analysis. Penelitian ini menggunakan 70 data yang diambil menggunakan teknik total sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Exploratory Factor Analysis dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang paling signifikan menentukan kesiapan implementasi Green IT pada PT. Prima Visi Globalindo berbasis indikator G-readiness yaitu Sourcing (Policy) Sourcing (Practice), Operations (Policy), dan Business Infrastructure (Technology). Berdasarkan tahapan Exploratory Factor Analysis yang dilakukan, terdapat enam faktor yang terbentuk yaitu IT Governance, IT Cycle, IT Infrastructure, Attitude, Emission Audit, dan Sourcing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuraidah, Dea Nurh96218056@uinsby.ac.idH96218056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri SudanawatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Komputer
Informasi
Keywords: EFA; Green IT; G-Readiness
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Dea Nur Zuraidah
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:58
Last Modified: 21 Jul 2022 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54278

Actions (login required)

View Item View Item