Pengaruh ekstrak daun bintaro (Cerbera odollam) terhadap pengendalian hama Ordo Lepidoptera pada tanaman kubis (Brassica oleraceae)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Hesti (2022) Pengaruh ekstrak daun bintaro (Cerbera odollam) terhadap pengendalian hama Ordo Lepidoptera pada tanaman kubis (Brassica oleraceae). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hesti Amelia_H91218044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kubis (Brassica oleracea) adalah salah satu komoditi hortikultura yang dibutuhkan di Indonesia dan dunia. Hasil produksi kubis di Indonesia tahun 2016 –2020 fluktuatif, namun cenderung menunjukkan penurunan yang diakibatkan oleh hama. Hama yang berperan antara lain, Plutella xylostella (ulat tritip), Helicoverpa armigera (ulat buah), Spodoptera litura (ulat grayak), dan Crocidolomia pavonana (ulat krop) yang semuanya dari Ordo Lepidoptera. Hama tersebut dibasmi dengan pestisida sintetis yang memicu kerusakan lingkungan dan resistensi hama. Oleh karena itu, diperlukan bahan alami alternatif sebagai pengganti. Salah satunya tanaman bintaro (Cerbera odollam) yang terbukti dapat membasmi hama kutu daun (Aphis gossypii) sebesar 91,2% pada konsentrasi 0,5%. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun bintaro terhadap mortalitas dan aktivitas makan hama Ordo Lepidoptera. Ekstraksi dilakukan dengan maserasi selama 3x24 jam. Parameter penelitian adalah uji fitokimia, mortalitas, dan aktivitas makan. Mortalitas hama yang relatif tinggi ulat tritip, ulat buah, ulat grayak, dan ulat krop masing – masing sebesar 43,3%; 46,6%; 40,0%; dan 36,6% pada ekstrak 2,5%. Aktivitas makan hama yang relatif rendah pada ulat tritip sebesar 15,5% pada ekstrak 2%, sedangkan ulat buah, ulat grayak, dan ulat krop sebesar 7,7%; 29,9%; dan 12,5% pada ekstrak 2,5%. Hasil mortalitas dan aktivitas makan hama yang signifikan membuktikan bahwa mortalitas dan aktivitas makan hama dipengaruhi oleh senyawa flavonoid, steroid, cerberin, saponin, dan tanin yang terkandung dalam daun bintaro

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Hestihestiamelia05@gmail.comH91218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsbt.ac.id2024068702
Thesis advisorRachmawati, Yuanita-2019088803
Subjects: Biologi
Hama, Pembasmian
Lingkungan Hidup
Keywords: Pestisida nabati; ekstrak daun bintaro; Ordo Lepidoptera; Tanaman kubis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: hesti amelia
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:24
Last Modified: 22 Jul 2022 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54301

Actions (login required)

View Item View Item