التحليل التقابلي بين اللغة الإندونسية واللغة العربية على مستوى المجاز وفوائده لترقية مهارة قراءة الشعر لطلاب الفصل الثاني عشر بمدرسة المعارف المهتدي الثانوية الإسلامية لامونجان - Analisis kontrastif antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab mengenai Jenis-jenis Majas serta manfaatnya dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi Kelas XII MA Ma’arif Al Muhtadi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurlaili, Anis (2022) التحليل التقابلي بين اللغة الإندونسية واللغة العربية على مستوى المجاز وفوائده لترقية مهارة قراءة الشعر لطلاب الفصل الثاني عشر بمدرسة المعارف المهتدي الثانوية الإسلامية لامونجان - Analisis kontrastif antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab mengenai Jenis-jenis Majas serta manfaatnya dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi Kelas XII MA Ma’arif Al Muhtadi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Nurlaili_ D72218022 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anis Nurlaili. 2022. Analisis Kontrastif antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab mengenai Jenis-jenis Majas serta Manfaatnya dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Kelas XII MA Ma’arif Al Muhtadi Lamongan
Dosen Pembimbing 1 : Dr. H. Afifuddin Dimyathi, MA
Dosen Pembimbing 2 : Dr. M. Baihaqi, MA., Ph.D
Kata Kunci:Analisis Kontrastif, Jenis-jenis Majas, Keterampilan Membaca Puisi. Ada beragam masalah dalam pengajaran bahasa. Adapun masalah pengajaran bahasa yang mungkin belum muncul dapat diramalkan melalui beberapa metode, salah satunya yakni analisis kontrastif antara dua bahasa atau lebih. Penelitian ini membahas tentang analisis kontrastif antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab mengenai jenis majas serta manfaatnya dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi kelas XII MIPA MA Ma’arif Al Muhtadi Lamongan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Apa bentuk-bentuk persamaan dan perbedaan antara majas bahasa Indonesia dan bahasa Arab? 2) Apa kesulitan yang mungkin dihadapi pelajar Indonesia dalam belajar majas bahasa Arab? 3) Bagaimana manfaat hasil analisis kontrastif antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab mengenai jenis-jenis majas terhadap keterampilan membaca puisi (syi’ri araby) siswa kelas XII MA Ma’arif Al Muhtadi Lamongan? Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan beberapa instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Metode analisis data kuantitatif yang digunakan yaitu menggunakan rumus t-test dengan sampel keseluruhan siswa kelas XII MIPA dengan jumlah 26 siswa. Hasil analisis kontrastif tersebut yakni adanya beberapa persamaan majaz bahasa Arab dan majas bahasa Indonesia dari segi bentuk seperti majas perbandingan (perumpamaan), sindiran, pertautan dan penegasan, sedangkan bentuk perbedaannya yaitu tidak adanya istilah wajh syibh, alaqah dan qarinah dalam majas bahasa Indonesia yang justru menjadi ciri khas majaz bahasa Arab. Adapun Hasil t-hitung adalah t0 (5,6) dan tt (2,458 dan 1,708). Karena t hitung lebih besar t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan hasil analisis kontrastif majas antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi arab siswa kelas XII MA Ma’arif Al Muhtadi Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurlaili, Anisanisnurlaili127@gmail.comD72218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, M. AfifudinUNSPECIFIED197905072005011002
UNSPECIFIEDBaihaqi, MUNSPECIFIED197402202003121004
Subjects: Pendidikan
Keywords: التحليل التقابلي، المجاز، مهارة قراءة الشعر - Analisis kontrastif; jenis-jenis Majas; keterampilan membaca puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anis Nurlaili Irkham
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:01
Last Modified: 22 Jul 2022 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54315

Actions (login required)

View Item View Item