Syekh Jumadil Kubro: biografi dan hegemoni Islam di lingkungan kerajaan Majapahit abad XIV-XV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Rifky Nur (2022) Syekh Jumadil Kubro: biografi dan hegemoni Islam di lingkungan kerajaan Majapahit abad XIV-XV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Rifky Nur Fauzi_A92218124.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Syekh Jumadil Kubro: Biografi dan Hegemoni Islam di Lingkungan Kerajaan Majapahit Abad XIV – XV. Memiliki tiga fokus pembahasan, yaitu: Bagaimana perjalanan hidup Syekh Jumadil Kubro, Bagaimana proses masuknya Islam ke Majapahit, dan Bagaimana hegemoni Islam yang terjadi di lingkungan kerajaan Majapahit. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis. Pendekatan tersebut dipilih penulis bertujuan untuk menjelaskan proses sejarah yang telah terjadi dalam perjalanan hidup Syekh Jumadil Kubro serta Islamisasi di lingkungan kerajaan Majapahit abad XIV – XV. Penelitian ini menggunakan teori peran Biddle dan Thomas yang menjelaskan tokoh yang memiliki pengaruh dalam masyarakat dengan mematuhi norma yang berlaku. Serta didukung oleh teori penetracion pasifique yang menjelaskan masuknya suatu kebudayaan baru dengan damai. Adapun metode yang digunakan oleh penulis antara lain: Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Syekh Jumadil Kubro merupakan ulama dari Uzbekistan yang berlayar ke tanah Jawa dengan tujuan berdagang dan berdakwah, ia berhasil menyebarkan Islam serta menjadi sesepuh (punjer) para Walisongo. (2) Proses masuknya Islam ke lingkungan Majapahit lewat saluran perdagangan, hubungan diplomatik, pernikahan, dan pendakwah sufi. Syekh Jumadil Kubro datang menyebarkan Islam dua kali pada tahun 1399 dan 1404 M, ia membawa pengaruh besar dalam perkembangan Islam di ibu kota Majapahit. (3) Hegemoni Islam yang terjadi di ibu kota Majapahit dimulai dari tahun 1368 – 1478 M, ditandai dengan adanya makam Troloyo serta kehancuran Majapahit akibat serangan kerajaan Islam Demak serta perkembangan Islam yang pesat dari Walisongo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Rifky Nurrifkyzee99@gmail.comA92218124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Kebudayaan Jawa
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Syekh Jumadil Kubro; Majapahit; Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rifky Nur Fauzi
Date Deposited: 23 Jul 2022 14:13
Last Modified: 23 Jul 2022 14:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54332

Available Versions of this Item

  • Syekh Jumadil Kubro: biografi dan hegemoni Islam di lingkungan kerajaan Majapahit abad XIV-XV. (deposited 23 Jul 2022 14:13) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item