Muslim Champa dan Islamisasi Jawa Pada Masa Akhir Kerajaan Majapahit

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhroh, Fatimatuz (2022) Muslim Champa dan Islamisasi Jawa Pada Masa Akhir Kerajaan Majapahit. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatuz Zuhroh_A92218100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Muslim Champa dan Islamisasi Jawa Pada Masa Akhir Kerajaan Majapahit. Terdiri dari beberapa permasalahan yang dirumuskan menjadi: 1). Bagaimana kondisi Jawa pada masa akhir Kerajaan Majapahit?, 2). Bagaimana peran muslim Champa dalam Islamisasi Jawa?, 3). Bagaimana pengaruh Islamisasi Muslim Champa di Tanah Jawa?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode historis yang terdiri dari heuristik, interpretasi, verifikasi, dan historiografi. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis dan antropologi budaya. Pendekatan historis digunakan untuk mengkaji sejarah Kerajaan Majapahit dan kedatangan Muslim Champa ke Jawa. Sementara pendekatan antropologi budaya digunakan untuk mengkaji kebudayaan yang dihasilkan dari pengaruh Islamisasi Muslim Champa. Adapun teori dalam penelitian ini yaitu teori Peranan Soerjono Soekanto dan teori Continuity and Change John Obert Voll. Kedua teori tersebut digunakan untuk menganalisis peran Muslim Champa dalam Islamisasi Jawa serta mengetahui perubahan sosial-budaya yang mereka bawa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1). Kondisi Jawa pada masa akhir Kerajaan Majapahit mengalami berbagai macam konflik antar keluarga, kondisi perekonomian Jawa juga mengalami kemerosotan akibat lepasnya wilayah-wilayah taklukan dari kekuasaan Majapahit, 2). Peran Muslim Champa terhadap Islamisasi Jawa memiliki kontribusi yang sangat penting, dakwah Islam yang bijaksana mampu mengatasi degradasi moral masyarakat Majapahit, dan menciptakan ketertarikan masyarakat untuk memeluk agama Islam, 3). Pengaruh yang dibawa oleh Muslim Champa nampak pada kebudayaan-tradisi yang tumbuh di Jawa, seperti kenduri, haul, dan peringatan hari kematian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhroh, Fatimatuzftmtzzuhroh@gmail.comA92218100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com196808062000031003
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: islamisasi; Jawa; Muslim Champa; Majapahit
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fatimatuz Zuhroh
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:58
Last Modified: 22 Jul 2022 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54349

Actions (login required)

View Item View Item