Akal dalam kitab al-muntakhabat fi rabitati al-qalbiyah wa silah al-ruhiyah karya KH. Achmad Asrori al-Ishaqy R.A

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, M. Minan Nur (2022) Akal dalam kitab al-muntakhabat fi rabitati al-qalbiyah wa silah al-ruhiyah karya KH. Achmad Asrori al-Ishaqy R.A. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Minan Nur Rahman_E97218074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini mencoba mengkaji tentang bagaimana akal dalam kitab al-muntakhabat fi rabitati al-qalbiyah wa silah al-ruhiyah karya KH. Achmad Asrori al-Ishaqy R.A. Latar belakang masalah dalam penelitian ini dirumuskan dengan: 1. Biografi KH. Achmas Asrori al-Ishaqy R.A. 2. Bagaiamana kitab al-muntakhabat fi rabitati al-qalbiyah wa silah al-ruhiyah. 3. Bagaimana akal dalam kitab al-muntakhabat fi rabitati al-qalbiyah wa silah al-ruhiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian berbasis library research atau metode kepustakaan yang mana dalam memperoleh data, bahan utamanya adalah pustaka baik primer dan sekunder. Dalam penulisan ini sumber primer didapatkan langsung dari kitab al-muntakhabat fi rabitati al-qalbiyah wa silah al-ruhiyah karya KH. Achmad Asrori al-Ishaqy. Sedangkan bahan sekunder didapatkan dari selainnya yang bersifat mendukung atau berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menyebutkan bahwa KH. Achmad Asrori dalam kitabnya al-Muntakhaba>t memberikan sebuah penegasan istilah bahwa kata “cahaya” juga dapat disebut sebagai “ruh”. Sedangkan pada akhirnya kata “ruh” juga berarti “akal” karena sifatnya yang identik dengan cahaya yang menyinari. Beliau juga memberikan perspektif mengenai akal lewat empat sudut pandang yakni tasawuf, filsafat, teologi, dan fiqih yang mana KH. Asrori menempatkan akal sebagai salah satu sumber mendapatkan ilmu pengetahuan demi mencapai suatu hakikat kebenaran yang nyata. Dalam proses mendapatkan ilmu pengetahuan, KH. Asrori menekankan bahwa peran dan kedudukan akal harus tetap dibawah kekuasaan wahyu (al-Qur’an dan hadis).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, M. Minan Nurminanrahman1999@gmail.comE97218074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Tasawuf
Keywords: Akal; al-muntakhabat; KH. Achmad Asrori al-Ishaqy R.A; tasawuf; pengetahuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: M. Minan Nur Rahman
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:42
Last Modified: 22 Jul 2022 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54354

Actions (login required)

View Item View Item