Diversitas Belalang (Orthopetra: Caelifera) pada area persawahan di Desa Seketi Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Nur Qomariyah (2022) Diversitas Belalang (Orthopetra: Caelifera) pada area persawahan di Desa Seketi Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Qomariyah Pratiwi_H91218051.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ekosistem persawahan merupakan suatu ekosistem buatan yang dimanfaatkan dalam usaha bidang pertanian. Area persawahan di Desa Seketi memiliki berbagai tipe vegetasi tumbuhan misalnya tumbuhan jagung, tebu, padi, sehingga akan mempengaruhi perbedaan nilai keanekaragaman belalang pada setiap vegetasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keanekaragaman belalang (Caelifera) dan mengetahui pengaruh vegetasi terhadap keanekaragaman belalang pada area persawahan Desa Seketi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Eksploratif dengan menggunakan metode Purposive Sampling dan penangkapan dilakukan secara langsung, yaitu penelitian dengan membuat 5 plot ukuran 5m x 5m dengan tipe vegetasi tumbuhan yang berbeda (padi, jagung, tebu) penangkapan dengan Sweep Net (jaring serangga). Penelitian dilakukan selama bulan November 2021 dan berakhir pada bulan Januari 2022 dengan 3 kali pengulangan. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat spesies Phlaeoba antennata, Phlaeoba fomusa, Oxya chinensis, Valanga nigricornis, Caryanda spuria, Atractomorpha crenulata, dan Tettigidea sp. dengan total 152 individu dari 3 famili. Pada nilai indeks keanekaragaman menunjukkan plot 4 (tumbuhan jagung) paling tertinggi sebesar H’ = 1,58 dengan ditemukan 6 spesies belalang dan memiliki nilai indeks kemerataan (0,88), tetapi nilai indeks dominasinya terendah (0,042). Sedangkan plot 1 (tumbuhan tebu) memiliki nilai indeks keanekaragaman terendah H = 1,09 dengan ditemukan 4 spesies belalang dan nilai indeks kemerataan (0,79), namun nilai indeks dominasinya tertinggi (0,096). Berdasarkan perbedaan nilai keanekaragaman belalang di setiap plot disebabkan karena tipe vegetasi, kondisi habitat, dan faktor abiotik yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Nur Qomariyahnurqomariyahpratiwi@gmail.comH91218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorBahri, Saifulsaifulsi@uinsby.ac.id2020048801
Subjects: Biologi
Serangga
Ekologi
Keywords: Keanekaragaman Belalang; tipe vegetasi; persawahan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nur Qomariyah Pratiwi
Date Deposited: 22 Jul 2022 09:16
Last Modified: 22 Jul 2022 09:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54367

Actions (login required)

View Item View Item