Korelasi kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada peserta didik Kelas IX di SMPN 2 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Madinah, Khasibatul (2022) Korelasi kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada peserta didik Kelas IX di SMPN 2 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khasibatul Madinah_D91218136 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar seorang peserta didik ditentukan oleh berbagai macam faktor, Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah tingkat kecerdasan. Tetapi pada kenyataannya selain kecerdasan intelektual terdapat kecerdasan lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik yakni kecerdasan “emosional. Dalam penelitian Daniel Goleman ditemukan bahwa kesuksesan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan intelektualnya tetapi juga dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Maka penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan dalam rumusan masalah,” yaitu: 1) bagaimana kecerdasan emosional peserta didik kelas IX di SMPN 2 Waru Sidoarjo? 2) bagaimana hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti pada peserta didik kelas IX di SMPN 2 Waru Sidoarjo? 3) bagaimana korelasi kecerdasan emosional dengan hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti pada peserta didik kelas IX di SMPN 2 Waru Sidoarjo?Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah populasi dari penelitian ini sebanyak 337 peserta didik dengan jumlah sampel 67 peserta didik yang dipilih menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah rumus korelasi product moment serta membandingkan antara rhitung dengan rtabel. Hasil “dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional peserta didik kelas IX di SMPN 2 Waru Sidoarjo termasuk ke dalam kategori baik, karena peserta didik mampu memahami emosi diri dan orang lain, mengelola emosi serta mampu membina hubungan baik dengan orang lain. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil analisis presentase nilai angket yang menunjukkan hasil sebesar 74,7%. Untuk hasil belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti juga termasuk ke dalam kategori baik.” Hal tersebut dibuktikan melalui hasil perhitungan rata-rata nilai rapot semester genap sebesar 87,4. Sedangkan untuk hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PAI dan budi pekerti pada peserta didik kelas IX di SMPN 2 Waru Sidoarjo. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan product moment dimana diperoleh hasil sebesar 0,41.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Madinah, Khasibatulkhasibatulmadinah11@gmail.comD91218136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Pendidikan Islam
Psikologi Belajar
Keywords: Korelas; kecerdasan emosional; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khasibatul Madinah
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:19
Last Modified: 28 Sep 2022 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54399

Actions (login required)

View Item View Item